MEMBEKALI DIRI MENGHADAPI FASE KE-5 AKHIR ZAMAN

Ust. Zulkifli Muhammad Ali, Lc.

Fase ke 5 adalah surga dunia. Dimana semua yang diinginkan manusia ada di fase ke 5. Kita berawal dari fase kenabian, lalu berakhir. Kemudian fase khilafah dengan konsep kenabian, lalu berakhir. Kemudian fase khalifah dengan sistem kerajaan yang menggigit. Lalu fase mulkan jabariyyan, yaitu penguasa diktator yg dzolim terhadap islam. Kemudian masuk ke fase penutup yaitu fase khilafah dengan konsep kenabian lagi. Di fase ke 5, seluruh dunia akan dikuasai oleh kepemimpinan islam.

Umur Umat Islam
1⃣ Fase Nubuwwah (13thn di Mekah dan 10thn di Madinah)

2⃣ Fase Khalifah An Nubuwwah (30 thn)
Khalifah yang mempimpin:
▪Abu bakar
▪Umar bin Khatab
▪Utsman bin Affan
▪Ali bin Abu Thalib
▪Hasan bin Ali bin Abu Thalib, beliau menyerahkan kepemimpinan kepada Muawwiyah bin Abu Sufyan agar umat islam bersatu kembali. (‘amul jamaah)

3⃣ Fase Khalifah dengan konsep Kerajaan
(1227 thn lamanya)
Muawwiyah bin Abu Sufyan yang memulai sistem kerajaan ini.
🔹Dinasti Umayyah
🔹Dinasti Abbasiyah
🔹Dinasti Utsmaniyah
Dari fase 1 sampai 3 hanya 2/3 dunia yg dikuasai oleh islam.
Standar fase ini adalah jazirah arab

4⃣ Fase Mulkan Jabariyyan (kediktatoran)
Ini yang sedang berlangsung saat ini. Tidak ada kekhalifahan di fase ini. Pemimpin yang dzolim kepada umat islam. Dan fase ini tidak akan lama. Banyak peperangan dan pertumpahan darah.

5⃣ Fase Khilafah An Nubuwwah
QS. An Nur : 55

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kalian dan mengerjakan amal-amal yang saleh, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia menukar (keadaan) mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.”

Seluruh dunia 100% dikuasai oleh umat islam. Fase ini masa masa aman. Gambarannya seperti:
▫ Tidak ada satupun yg berkelahi.
▫ Wanita akan bisa berjalan sendiri jalan kaki dari yaman ke madinah untuk melaksanakan haji. Artinya tanpa teknologi, juga aman dari perampokan, kejahatan, pemerkosaan dll. Pada masa ini laki-laki dan wanita 1 berbanding 50. Karena ketika peperangan di akhir fase ke 4 banyak berguguran laki-laki di medan perang.
Pada masa ini harta di muka bumi akan keluar dan tidak ada satu orangpun yang miskin. Tidak ada yang mau menerima zakat.

Pemimpin tertinggi pada fase ini dipegang oleh Al Mahdi dan dilanjutkan oleh Al Qohqoni setelah Al Mahdi meninggal.

Tanda Besar Kiamat:
1⃣ Dukhon
Setelah dukhon, Al Mahdi muncul mendekati usianya ke 40thn. Masa dukhon ini 3thn.
2⃣ Dajjal (1thn 2 bulan 22 hari)
3⃣ ‘Isa As.
4⃣ Ya’ juj & Ma’juj
(berakhirnya fase ke 4)
5⃣ Matahari terbit dari barat
(ditutupnya pintu taubat)
6⃣ Dabbatul ard
An Naml : 82

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الأرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

7⃣ Angin lembut berbau kasturi pembawa kematian sumbernya dari yaman. Siapapun yang beriman akan dijumpai oleh angin tersebut, maka orang itu akan meninggal. Serentak satu muka bumi org beriman meninggal. Lalu 1 sampai 2 generasi terjadi tanda kiamat 8, 9, 10.

Ada beberapa hadits yang menyatakan umur umat islam dari mulai Nabi Muhammad berdakwah sampai serentaknya umat islam meninggal oleh angin lembut. Tapi haditsnya itu dhoif. Tingkatan hadits ada 3:
▫Shohih
▫Hassan
▫Dhoif

Adab kepada hadits dhoif:
1⃣ Menyampaikan hadits dengan penjelasan nya.
2⃣ Tidak boleh dibina akidah & keyakinan diatasnya.
3⃣ Tidak boleh jadi dalil dan hujjah usuludin.
4⃣ Jika bertentangan dengan hadits diatasnya (hadits hassan) maka hadits dhoif tidak dianggap.
5⃣ Dalam urusan motivasi amal, sah. Boleh dijadikan hujjah.
6⃣ A. Karena masih perkataan Rasulullah maka perkataan Nabi wajib diikuti diantara ucapan ulama lain.
B. Karena masih perkataan Rasulullah
Muliakan, hormati, jadikan sebagai ilmu.
7⃣ Bila hadits dhoif berbicara tentang masa depan, cukup di ilmui, cukup di dengar. Tapi jika jadi kenyataan, maka hadits itu jadi shohih.
8⃣ Kalau hadits dhoif di dukung oleh jalur perawi lainnya maka haditsnya menjadi hasan lighoirih.

Ada hadits dhoif yang mengatakan umur umat Rasulullah adalah 1400 Hijriyah. Tapi ada di hadits lain mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wassalam bersabda “umur umatku 1 hari di hadapan Allah, dan Allah menambahkan setengah hari lagi, semoga umatku tidak lelah karena Allah menambahkan setengah hari lagi”

1 hari di hadapan Allah yaitu 1000 tahun. Dan setengahnya adalah 500. Maka di hadits tersebut umur umat islam adalah 1500 tahun Hijriyah.

Maka jumhur ulama menyimpulkan, sepakat bahwa umur umat islam itu lebih dari 1400 tahun tapi tidak lebih dari 1500 tahun.

Sudah sangat dekat kita kepada hari akhir. Tapi jangan melemahkan semangat dalam kebaikan. Meskipun besok adalah kiamat dan kau masih memilikj biji kurma, maka tanamlah. Artinya sekecil apapun kebaikan yang kita tanam hari ini tetap dihitung pahala meski besok adalah hari kiamat.

(Ummu Al Fatih)