4 Kunci Kebahagiaan Hidup

1. Ikhlas

قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al-An’am: 162)

Amal kecil kemudian ikhlas, nilainya dahsyat. Amal besar kemudian tidak ikhlas, tak ada nilainya, seperti jasad tanpa ruh.

Sudah kita berulang kali dengar, bagaimana orang-orang yang jihad sampai mati sekalipun tidak diterima karena niatnya untuk dipuji orang, bukan untuk diakui Allah Ta’ala.

2. Taubat

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222)

وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

“Dan barangsiapa tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim.” (QS. Al- Hujurat: 11)

Orang yang taubat itu dicintai Allah, maka yang paling berbahaya bagi kita adalah menganggap remeh dosa, kemudian terjadi dosa, tapi kita tidak bertaubat.

Tidak ada yang mengancam hidup kita, selain dosa kita sendiri. Yang pasti membinasakan kita adalah “Kedzaliman Pada Diri Sendiri”. Maka kalau ingin selamat, bahagia, mulia, perbanyaklah bertaubat.

3. Syukur

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7)

Kebaikan atas nikmat adalah bersyukur. Kebaikan sesungguhnya bukan karena nikmatnya, tapi karena syukurnya. Dalam kesulitan apapun yang harus ditingkatkan adalah syukurnya. Tenggelamlah dalam rasa syukur setiap saat. Yakinlah dengan yang Allah Ta’ala janjikan.

4. Sabar

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Kita akan diuji oleh Allah dengan sedikit sekali ujian. Dan itupun jadi kebaikan kalau kita bisa sabar. Maka bersabarlah atas ujian dari Allah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *