5 Ancaman Bagi Pelaku Riba

Dalam islam  riba merupakan salah satu perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Bahkan terdapat ancaman bagi siapa saja yang melakukan perbuatan tersebut. Pelarangan riba dilakukan secara bertahap, sama seperti haram atas khamr. Sebab di zaman jahiliah, orang-orang melakukan penolakan terhadap pelarangan riba. Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya riba benar-benar dilarang secara tegas.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوا۟ ٱلرِّبَوٰٓا۟ أَضْعَٰفًا مُّضَٰعَفَةً ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda, dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Ali Imran: 30)

Dalam Al-Qur’an dan Hadits disebutkan begitu dahsyatnya hukuman dari Allah Ta’ala bagi orang-orang yang memakan harta riba. Berikut beberapa ancaman bagi pelaku riba:

  1. Diperangi Allah

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan, maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat, maka bagimu pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak dianiaya.” (QS Al-Baqarah: 278-279).

  1. Termasuk 7 Dosa Besar

Dari Abi Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang mencelakakan.” Para shahabat bertanya, “Apa saja  ya Rasulallah?.” “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh nyawa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh zina.” (HR. Muttafaq ‘alaihi).

  1. Mendapat Laknat Rasullullah

Dari Jabir bin Abdullah berkata, ”Rasulullah SAW melaknat pemakan riba, yang memberi, yang mencatat dan dua saksinya. Beliau bersabda : “Mereka semua sama.” (HR. Muslim)

  1. Dosa Paling Ringan Seperti Berzina dengan Ibu Sendiri

“Riba itu ada tujuh puluh dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Melebihi Dosa dari 36 Pezina

Dari Abdullah bin Hanzhalah ghasilul malaikah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan sadar, jauh lebih dahsyat (dosanya) dari pada 36 wanita pezina.” (HR Ahmad).

Hal diatas merupakan beberapa hukuman bagi orang yang memakan uang riba. Sebagai seorang Muslim semestinya kita dapat menjauhi perbuatan riba dan senantiasa menjaga diri kita dari perbuatan yang dzalim, baik mendzalimin orang lain maupun diri sendiri. Semoga kita semua selalu dihindari dari perbuatan buruk dan siksa api neraka. Wallahu a’lam bishowab

(Shabirin/Win)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *