STAI Daarut Tauhiid Ikuti Workshop Kopertais Wilayah II Jawa Barat

BANDUNG – “Dengan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasih MBKM dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Penulisan Karya Ilmiah di Kalangan Dosen PTKIS”, menjadi tema dalam acara Workshop Metode Pengabdian Kepada Masyarakat dan Metode Penelitian Bagi Dosen PTKIS di Lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat Tahun 2022.

Kegiatan yang diselanggarakan pada hari Kamis (25/8) di Hotel Horison Bandung Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 121 kota Bandung, dihadiri oleh para dosen dari perwakilan kampus Islam Swasta se-Jawa Barat.

STAI Daarut Tauhiid Bandung, menjadi salah satu kampus yang ikut serta menjadi peserta dalam acara tersebut.

Keterlibatan STAI Daarut Tauhiid diwakilkan oleh Asep Dadang Hidayat sebagai Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah, serta Agus Mubarok selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan.

Asep Dadang Hidayat, menyampaikan bahwa salah satu capaian yang diharapkan adalah sebagai bentuk kepedulian Kopertais Wilayah II Jawa Barat dalam meningkatkan produktivitas penulisan karya ilmiah serta upaya pengembangan skill penelitian dan inovasi dikalangan dosen PTKIS.

Ia melanjutkan bahwa setiap perguruan tinggi diharapkan sudah memiliki suatu lembaga penelitian seperti LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Serta dosen diwajibkan untuk memiliki akun di google scholar dengan mencantumkan NIDN dan email institusi, karena setiap tulisan yang sudah dipublikasi akan terkait dengan profil penulis, sebagaimana yang disampaikan salah satu pemateri Cecep Nurul Alam.

Untuk program Pengabdian Kepada Masyarakat – lanjut Kaprodi HES tersebut, catatan pentinganya antara lain PKM merupakan:

1). Bentuk Pengamalan Ilmu dengan prinsip amal Ilmiah untuk pemberdayaan masyarakat;

2). Penerapan IPTEKS untuk memecahkan masalah di masyarakat melaui pemberdayaan masyarakat;

3). Pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas akademika untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

4). PKM adalah kegiatan civitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa (Pasal 1 angka 11 UU No. 12/12).

(Caca Mansyur)

Red: WIN

___________________________

daaruttauhiid.org