Aa Gym: Iman dan Amal Harus Seimbang

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan, iman tanpa amal itu hampa, sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Aa Gym menyebutkan, ada saja muslim yang hanya mengaku beriman, tapi lalai mengerjakan amal saleh. Padahal, jika memang benar-benar beriman, seharusnya melaksanakan ibadah dan amal kebaikan lainnya secara berkelanjutan.

“Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia, yang tidak akan memberatkan. Namun, bukan berarti penganutnya dapat menggampangkan urusan agama dengan alasan yang dibuat-buat sendiri,” katanya dalam salah satu tausiah di kanal Youtube, Rabu (12/8).

Aa Gym mengatakan, keimanan hanya dijadikan ‘topeng’ untuk meraih keuntungan tertentu, seperti halnya dalam politik. Namun, untuk mengerjakan amal saleh mereka lalai.

Padahal, iman dan amal saleh merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Karena, apabila salah satunya hilang, kesungguhan menjalankan Islam menjadi tidak sempurna. Iman tanpa amal itu hampa, sedangkan amal tanpa iman itu percuma.

“Bukti kita percaya kepada-Nya tentu kita ikuti perintah-Nya. Kita mengikuti perintah-Nya adalah karena kita percaya,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *