Aa Gym Siap Canangkan Go Green di Daarut Tauhiid

Demi terwujudnya pesantren yang Go Green pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mencanangkan program bersepeda untuk para santri karya. Program ini merupakan lanjutan dari apa yang sudah dicapai sebelumnya, yaitu Eco Pesantren, Berhiber lingkungan DT, dan dilanjutkan dengan peningkatan kualitas kesehatan santri karya yang dikolaborasi dengan konsep Go Green.

“Kita akan coba mengurangi plastik yang ada di lingkungan DT, kita akan coba tertib untuk pengelolaan plastik. Aa melihat plastik hari ini menjadi masalah di mana-mana. Nanti, juga santri karya akan ada inventaris berupa sepeda, khusus yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan DT. Aa sudah bicarakan ini dengan yang lain, doakan mudah-mudahan menjadi kenyataan,” katanya saat mengisi tausiah Santri Karya, Jumat (4/10).

Menurutnya, DT harus menjadi pelopor bahwa Lembaga Dakwah harus mampu menyelematakan lingkungan. Aa menginginkan konsep Go Green tidak hanya berlaku untuk lingkungan semata, namun juga menjadi sebuah faktor bagaiamana cara santri bekerja, sebab katanya kondisi badan yang prima akan mendukung terhadap proses beribadah.

“Konsep hijau ini jangan hanya dimaknai sebagai penyelamatan lingkungan, tapi juga bagaiamana santri karya ini kondisi badannya sehat, olahraga, minimal bersepeda, keuntungannya banyak irit, gak usah ngisi bahan bakar, nantinya Go Green ini akan menjadi bagian pendukung kualitas kesehatan santri, sebab jangan sampai santri DT itu lemah fisiknya, karena akan mengurangi kadar ibadah ke Allah sedangkan di sini kuncinya itu,” katanya.

Nantinya, konsep Go Green kata beliau akan menjadi dasar juga untuk para santri akademik belajar di lingkungan DT.
“Tidak akan hanya berhenti pada santri karya tapi juga akan berlanjut ke santri-santri mukiman, santri pondok, doakan mudah-mudahan bisa terlaksana dengan cepat,” jelasnya. (Elgana Mubarokah)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *