Beranda Inspirasi: Tahan Diri Menilai Orang lain

“Kadang kita terlalu cepat menilai orang. Ketika seorang bapak dan anak melihat orang yang memancing dan bermaksud baik mengubah taraf hidup lebih baik, ternyata kitalah sendiri yang dinasihati. Jangan melihat sudut padang kita saja,” ujar Gatot Kunta Kumara, host acara Beranda Inspirasi yang disiarkan MQTV pada awal Desember lalu.

Gatot yang juga merupakan Ketua Yayasan Daarut Tauhiid (DT) berpendapat, apa pun yang terjadi tidak harus sesuai dengan keinginan kita. Cepat menilai orang itu adalah kesalahan terbesar bagi manusia.

“Simpati dengan orang itu perlu, tapi jangan merasa diri ini benar. Karena apa pun yang terjadi itu atas kehendak Allah. Apa yang membuat kita bahagia mungkin saja tidak sama dengan orang lain sehingga kita harus sadar,” lanjut Gatot.

Berawal dari kesalahan dan cepat menilai seseorang, membuat banyak sekali yang malah termakan dengan kata-kata sendiri. Menurut Gatot, sejatinya dalam berdakwah seorang muslim hanya mengingatkan saja, bukan mengharuskan mengikuti apa yang ia inginkan.

“Jangan sampai kita gampang menilai seseorang berdasarkan apa yang kita miliki. Selalu berhati-hati menilai seseorang atau masalah yang dihadapinya. Tahan diri saja karena semua baik-baik saja. Setiap manusia ada persoalan dan setiap persoalan ada cara tersendiri untuk diselesaikan. Janganlah sibuk menilai orang lain.” pungkasnya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *