DT Peduli Siap Bantu Atasi Korban Banjir

Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia membuat beberapa daerah terkena banjir dan longsor. Salah satu wilayah yang tak luput dari genangan banjir adalah Kecamatan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung. Biasanya, jika hujan terus menurus, maka banjir akan meluas ke kecamatan lain, salah satunya Baleendah.

Melihat banjir belum surut dan khawatir ketinggian air bertambah, Daarut Tauhiid (DT) Peduli cabang Bandung segera mengevakuasi warga Bojong Asih, Dayeuh Kolot ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Dengan menggunakan perahu karet, tim mulai mengevakuasi warga.

Satim, Kasubag Sosial dan Kemanusiaan DT Peduli cabang Bandung mengatakan, tim evakuasi diturunkan pada Ahad (25/2) dan mengevakuasi warga di pagi hingga malam. Bantuan ini, menurutnya, adalah bantuan tahap pertama yang dilakukan oleh DT Peduli cabang Bandung.

“Setelah mengevakuasi warga, nanti ada bantuan selanjutnya. Biasanya bantuan dalam bentuk kebutuhan sehari-hari. Jika banjir mulai surat, kami juga bantu untuk bersih-bersihnya. Sekarang mah yangpenting warga selamat dulu,” kata Satim.

Tidak hanya DT Peduli cabang Bandung, hal yang sama juga dilakukan DT Peduli cabang Kuningan. Hujan deras yang mengguyur berjam-jam menyebabkan banjir dan longsor. Ada pun dusun yang terdampak yakni, Dusun Jatimulya, Dusun Cijoho, Dusun Cihanjuang, dan Dusun Babakan Desa Pinara, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan.

“Upaya penanganan darurat sudah dilakukan oleh DT Peduli yaitu pemberian sembako, alat-alat sanitasi, pendirian posko utama di kantor DT Peduli Kuningan, assessment program dan pendirian posko darurat,” kata Dadang Hendrawan, Kepala Unit DT Peduli Kuningan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *