Ingin Sehat? Hindari Perdebatan, Nasihat Aa Gym

Salah satu faktor yang menyebabkan kesehatan menurun bukan hanya karena jarang berolahraga, namun terlibat  perdebatan orang lain pun bisa mengakibatkan kesehatan kita terancam.

Hal ini disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Aa Gym mengatakan dengan terus-menerus merespon perdebatan yang tidak kunjung usai, hanya menambah tensi dan amarah orang menjadi lebih tinggi.

Maka itu, Aa Gym menyebut siapa pun hendaknya menghindari perdebatan yang tidak bermanfaat. “Jadi salah satunya adalah yang bisa membuat lemahnya daya tahan tubuh kita adalah pertengkaran atau perdebatan. Dengan kita meninggalkan suatu perdebatan walaupun ia benar, ia bisa menjadi ahli surga. Allah akan menempatkan rumah untuk orang yang bisa meninggalkan perdebatan yang sedang memanas,” ujarnya dalam salah satu tausiah yang diunggah di laman Youtube, Selasa (18/8).

Jika seseorang bertengkar, pola pikirnya adalah masing-masing pihak akan merasa benar dan menganggap pihak lainnya salah. Tidak memikirkan kebenaran dan akan lebih parah perdebatannya.

Mereka menjadi cenderung tidak lagi berperasaan, sudah kurang objektif. Ketika seseorang sudah marah, yang dicari bukanlah kebenaran, namun kemenangan diri sendiri.

“Jika orang sudah berdebat, biasanya saling membakar satu sama lain. Bahaya perdebatan itu bagi orang yang belum bisa mengendalikan diri adalah menjadi ajang saling menyakiti dan menzalimi, karena dua-duanya tidak mencari kebenaran, hanya kemenangan. Karena kalau nafsu kan kepuasannya adalah menyakiti, ya dengan kata-kata,” tegas Aa Gym.

Jadi, menghindari perdebatan adalah bukan menghindari kebenaran, namun menghindari perbuatan zalim dari kedua belah pihak. Tujuannya adalah bukan tidak mengatasi masalah, tapi untuk menurunkan tensi agar ketika sudah tenang dan jernih bisa menyelesaikan masalah. Kalau sedang debat dan marah, tidak akan bisa menemukan solusi.

Maka itu, penting sekali mengenali dan mengendalikan diri. Sebab perbedaan pendapat pasti ada dalam rapat atau suatu diskusi.

“Jika ada perbedaan pendapat, ingat saja kalau sudah mengarah ke pertengkaran harus kita yang stop,” kata Aa Gym.

Jika ingin mencari kebenaran, maka caranya harus benar. Dengan menghindari perdebatan adalah salah satunya karena untuk mendapatkan kebenaran. Solusi tidak bisa didapatkan dari nafsu debat, melainkan harus dengan pikiran yang tenang dan jernih. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *