Kajian MQ Pagi: Sampah Bukanlah Masalah

Kajian MQ Pagi pada Ahad (21/2), materi yang disampaikan agak berbeda dari biasanya karena bertepatan dengan Hari Sampah Nasional. Kajian ini disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom, YouTube, dan Facebook Aa Gym.

Pada kesempatan tersebut, Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Ketua Yayasan DT Gatot Kunta Kumara, berbincang-bincang dengan Gun Gun Saptari Hidayat, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung.

Aa Gym menyoroti kebiasan tidak baik ketika membuang sampah sembarangan. Menurutnya, kebiasaan itu dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Menzalimi seseorang dengan membuang sampah sembarangan adalah hal yang tidak baik dalam Islam. Perilaku ini jangan sampai ada pada diri setiap muslim,” ujarnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Gun Gun. Menurutnya, cara terbaik adalah mengatur diri agar bijak dalam membuang sampah.

“Sampah itu bukanlah masalah besar jika kita mau bersikap bijak, misalnya dengan memilah sampah. Kejadian bencana banjir pasti ada kaitan dengan sampah. Apalagi kita belum terbiasa memilah sampah. Padahal sampah bisa kita manfaatkan untuk alam, bahkan untuk kita sendiri. Jadi mulai saat ini, lebih bijaklah dalam membuang sampah,” kata Gun Gun.

Ada pun Gatot Kunta Kumara menyampaikan agar selalu menjaga kebersihan, terutama bagi santri DT.

“Hal ini harus menjadi fokus para santri agar bisa memilah sampah dan menghilangkan sikap tidak peduli terhadap sampah. Insya Allah di DT sangat fokus dalam menata lingkungan yang bersih dan memilah sampah untuk kebaikan kita semua. Semoga yang kita lakukan ini dapat dicatat sebagai amal saleh,” katanya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *