Lima Langkah Berpikir Positif

Segala hal baik di dunia ini berawal dari pikiran positif. Oleh karenanya, kekuatan berpikir positif adalah hal sangat penting dalam hidup. Kunci membuka pintu kebahagiaan yang jadi dambaan setiap orang.

Manfaat fisik dan mental dari berpikir positif telah ditemukan dalam banyak studi ilmiah. Yakni pola pikir positif dapat memberi kita lebih banyak kepercayaan diri, meningkatkan suasana hati, dan bahkan mengurangi kemungkinan terjadinya depresi dan stres di dalam diri kita.

Berikut ini adalah lima langkah sederhana agar kita selalu berpikir positif untuk hidup yang bahagia.

Pertama, bangun afirmasi (penguatan/dukungan) positif dalam diri. Bagaimana memulai hidup di pagi hari. Pernahkah kita bangun terlambat, panik, dan kemudian merasa seperti tidak ada yang baik terjadi sepanjang hari? Ini mungkin karena kita memulai hari dengan emosi negatif dan pandangan pesimis yang dibawa ke setiap peristiwa lain yang kita alami.

Jangan biarkan ini mendominasi diri kita. Awali hari dengan afirmasi positif. Bicaralah pada diri sendiri di depan cermin, dan katakan, “Hari ini akan menjadi hari yang baik.” Atau, “Aku akan menjadi luar biasa hari ini.” Tunjukkan bahwa kita menghargai diri kita sendiri, maka dengan begitu hidup akan jauh lebih bahagia.

Kedua, fokus pada hal-hal baik sekecil apa pun. Ketika kita berhadapan dengan suatu hal dalam keseharian, fokuslah pada manfaatnya. Tidak peduli seberapa kecil atau tidak penting hal itu.

Misalnya, jika mengalami kemacetan. Pikirkan bagaimana kita sekarang memiliki waktu untuk mendengarkan lagu atau video favorit di kendaraan. Contoh lain, jika toko kehabisan makanan yang ingin kita pesan, maka pikirkan tentang sensasi mencoba sesuatu yang baru. Jadi buatlah hal sederhana itu selalu positif.

Ketiga, ubah kesalahan menjadi pelajaran berharga. Kita mungkin tidaklah sempurna. Terkadang kita bisa membuat kesalahan dalam berbagai bidang dan dengan banyak orang. Pada saat itu, jangan berfokus untuk meratapi kesalahan, melainkan pikirkanlah tentang apa yang bisa kita lakukan agar tidak salah seperti itu lagi.

Ubahlah kesalahan itu menjadi pembelajaran, karena hidup adalah proses. Setiap orang yang berada pada puncak tertinggi kesuksesan, mereka semua belajar dari kesalahan yang pernah mereka lakukan.

Keempat, temukan teman, mentor, dan rekan kerja yang positif. Saat kita dikelilingi orang-orang positif, kita tentu akan mendengar pandangan positif, kisah-kisah positif, dan afirmasi positif. Kata-kata positif mereka akan meresap dan memengaruhi cara berpikir diri kita, yang kemudian memengaruhi kata-kata kita.

Menemukan orang-orang positif untuk mengisi hidup mungkin sulit, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencarinya. Kita bisa menemukan banyak teman dari berbagai macam kelompok organisasi, institusi dan berbagai bidang sosial lainnya. Tinggal sekarang kita mau bergaul dengan siapa dan di mana.

Kelima, bersyukurlah sepanjang hari. Jangan heran jika hari ini kita tidak pernah merasa puas, kita selalu merasa penuh kekurangan, sedang di luar sana masih banyak orang yang jauh lebih susah dibanding kita. Semua itu disebabkan karena kita tidak pandai bersyukur.

Kita tidak pernah memikirkan tentang begitu besarnya nikmat Tuhan di balik hal sederhana yang dititipkan kepada kita hari ini. Jadi, bersyukurlah sepanjang hari, maka kita akan tahu betapa bahagianya hidup ini. Demikian, semoga bermanfaat. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *