Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Anak

Pendidikan agama memiliki tujuan untuk membentuk suatu perilaku seseorang muslim, yang berdasarkan dengan aqidah Islam serta ketauhidannya kepada Allah Ta’ala. Mempelajari ilmu  agama merupakan jalan untuk bersosialisasi atau beinteraksi dengan akhlak yang mulia. Misalnya saja mempelajari hadits-hadits yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam, adab-adab sesama manusia dan ciptaan Allah agar pengetahuan seseorang bertambah semakin luas.

Pendidikan agama Islam merupakan bimbingan untuk membentuk kepribadian dan karakteristik yang baik. Agar generasi milenial dapat menggunakan fasilitas modern sesuai dengan ajaran agama. Fungsi pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia, yaitu menciptakan pribadi yang selalu bertaqwa kepada Allah dan mencapai kebahagiaan kehidupan dunia dan akhirat.

Pendidikan juga sebagai sarana untuk mempelajari berbagai aspek-aspek dalam kehidupan agar memiliki dasar pemikiran yang kuat. Karena dengan itu seseorang menjadi terbiasa dalam berfikir secara kritis dan dengan dasar-dasar pendidikan agama Islam seseorang dapat berfikir secara jernih dan tidak bingung apabila menghadapi persoalan kehidupan.

Terwujudnya suatu karakter pada seseorang akan berdampak positif baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang-orang di sekitarnya, dan menjadikan perubahan dalam masyarakat. Sedangkan jika seseorang berkepribadian  yang buruk maka pasti akan banyak sekali masalah-masalah yang muncul yang mengakibatkan pertentangan antar individu atau antar kelompok.

Pendidikan Islam pada intinya adalah sebagai wahana pembentukan karakter manusia yang bermoralitas tinggi. Di dalam ajaran Islam moral atau akhlak tidak dapat dipisahkan dari keimanan. Keimanan merupakan pengakuan hati dalam berkeyakinan kepada Allah Ta’ala. Akhlak adalah pantulan iman yang berupa perilaku, ucapan, dan sikap atau dengan kata lain akhlak adalah amal saleh. Iman adalah maknawi sedangkan akhlak adalah bukti keimanan dalam bentuk perbuatan yang dilakukan dengan kesadaran dan karena Allah semata.

Maka untuk itu pentingnya pendidikan agama Islam pada generasi muda ialah untuk mewujudkan cita-cita masyarakat Islami yang sesuai dengan perintah Allah Ta’ala, menanamkan Akhlakul Karimah sebagai bekal menuju jalan yang telah disiapkan oleh Allah untuk hamba-hambanya yang mau dengan ikhlas belajar sesuai dengan ajaran Islam. Wallahu a’lam bishowab. (Shabirin)

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening berikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *