Peristiwa Peristiwa Besar Pada Bulan Dzulhijjah

Peristiwa Besar Pada Bulan Dzulhijjah.

Peristiwa Besar Pada Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia dalam Islam. Dzulhijjah sendiri berasal dari kata ‘Dzul‘ yang artinya pemilik dan ‘Al-Hajjah’ yang artinya haji, sehingga tidak heran jika bulan Dzulhijjah selalu identik dengan pelaksanaan ibadah Haji, karena memang di bulan inilah umat Islam (yang diundang Allah) akan hadir ke Kota Makkah untuk melaksanakan haji.

Peristiwa Besar Pada Bulan Dzulhijjah

Karena merupakan bulan yang mulia, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah. Mulai dari berpuasa, berzikir, berkurban, melaksanakan sholat Idul Adha, dan amalan lainnya.

Alasan lain dijadikannya bulan Dzulhijjah sebagai salah satu bulan yang mulia adalah karena ada banyak peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam diantaranya adalah peristiwa Nabi Ibrahim menyembelih anaknya Ismail.

Misalnya dalam kitab Durratun Nasihin diungkapkan berbagai peristiwa besar banyak terjadi di bulan Dzulhijjah yang dijelaskan dengan sangat gamblang.

Meski menurut Ustadz Ahmad Rifa’i Rif’an beberapa ulama tidak menjadikan kitab tersebut sebagai referensi, karena mereka berpendapat Durratun Nasihin memuat begitu banyak informasi yang semuanya berasal dari hadits-hadits dha’if.

“Tetapi bagi saya, selama suatu hadis meskipun daif tidak bertentangan dengan Alquran bisa dijadikan sebagai bahan renungan inspirasi, serta semangat dalam menunaikan perintah Allah, tidak masalah.

Kecuali jika dijadikan sumber pengambilan illat suatu hukum, maka pengambilan hadis daif bukanlah sikap yang tepat,” katanya

Kitab Durratun Nasihin mengisahkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA bahwa pada 10 hari bulan Dzulhijah tersimpan serentetan peristiwa besar di masa lampau.

Kitab Durratun Nasihin bukan kitab fiqih, kitab ini berisi targhib (semangat) serta fadhilah (keutamaan) dalam beramal.

Di antara peristiwa besar terjadi di bulan Dzulhijah yang dibahas dalam kitab Durratun Nasihin antara lain pengampunan Allah terhadap dosa Nabi Adam, dikabulkannya doa Nabi Yunus sehingga beliau selamat dari perut ikan, terkabulnya doa Nabi Zakaria sehingga beliau dikaruniai keturunan, dilahirkannya Nabi Isa, dilahirkannya Nabi Musa, pengorbanan Nabi Ibrahim atas Ismail, dan beberapa peristiwa lainnya.

Dengan banyaknya peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Dzulhijjah seharusnya bisa menjadi pengingat bagi kita agar kita mampu untuk mengambil pelajaran-pelajaran baik dari sejarah yang ada. Sehingga setiap bulan yang kita lewati tidak hanya sekedar melewatinya saja, tetapi harus selalu ada hikmah yang kita peroleh. Wallahu a’lam bishowab.

(Wahid)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *