Persiapan Hadapi Asesmen Nasional, PKBM DT Ikuti Seminar

Upaya mempersiapkan Asesmen Nasional (AN), PKBM Daarut Tauhiid (DT) ikuti seminar nasional yang diselenggarakan oleh PP PAUD Dikmas Sumatera Utara dengan tema “Konsep Asesmen Nasional Pendidikan Kesetaraan” pada Rabu (20/1). Seminar dilaksanakan melalui Virtual Conference Zoom. Peserta yang hadir dalam kegiatan berjumlah 135-137 orang.

“Dalam mempersiapkan AN, satuan pendidikan hendaknya memastikan data peserta didik sudah di-update dengan baik. Ini karena akan mempengaruhi AN dan review perval data peserta didik agar tidak ada persoalan saat melakukan AN,” ujar Sarwo Edi selaku narasumber pada kegiatan tersebut.

Sarwo juga menegaskan bahwa strategi menghadapi AN salah satunya adalah melaksanakan kurikulum 2013 dengan sesungguhnya. Proses AN di tahun 2021 dijadwalkan Maret dan April. Ada pun untuk jadwal detailnya akan ada informasi lanjutan dari dinas pendidikan di kota masing-masing.

“Asesmen ini dilakukan secara online untuk siswa selama dua hari, sehingga datanya harus masuk untuk diproses oleh dinas pendidikan. Begitu pun asesmen bagi guru/pengelola juga tetap melalui online, hanya saja tidak ada pengawasan tertentu. Namun akan ada aturan-aturan tertentu, baik itu dalam survei karakter maupun survei lingkungan,” pungkas Sarwo. (Ahmad)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *