Petik Hikmah dari Sakitnya Aa Gym

Allah SWT yang Maha Berkehendak atas segala sesuatu dan memberikan rasa keamanan kepada diri setiap manusia. Hal ini harus disadari bahwa rasa aman dan tenteram itu izin Allah, sehingga apa pun kejadian yang dialami harus menjadikan kita sebagai pribadi yang pandai bersyukur.

Al-Mu’min merupakan sifat Allah yang memberikan rahmat bagi setiap muslim untuk mengembalikan setiap rasa aman hanya kepada-Nya. Jika Allah menghendaki keamanan kepada seseorang, siapa pun tidak dapat mencelakainya. Asma Allah tentang al-Mu’min dijelaskan dalam Surah al-Hasyr [59] ayat 23:

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ ﴿٢٣

Artinya: “Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Maharaja Yang Mahasuci, Yang Maha Sejahtera, Yang Maha Pemberi keamanan, Pemelihara keselamatan, yang Maha Perkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki segala keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

Hikmah dari Kondisi Aa Gym

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada bulan lalu memberikan nasihat melalui siaran online. Aa Gym mengingatkan bahwa diri ini haruslah menjadi pribadi bersyukur, dan mengetahui bahwa diri ini selalu diawasi oleh Allah serta diberikan keamanan dalam setiap aktivitas. Karena bisa saja diri ini merasa tidak ada yang mengawasi sehingga terjerumus dalam perilaku yang tidak disukai-Nya.

Kini, pesan kepada jamaah dan santri DT pun tetap sama. Sebagaimana yang disampaikannya oleh Aa Gym saat acara Bincang-bincang Hikmah bersama KH. Yusuf Mansyur. Siaran langsung dari Rumah Sakit Rusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, tempat Aa Gym dirawat karena positif Covid-19, Aa Gym mengingatkan bahwa setiap kejadian yang terjadi atas izin dan pengawasan Allah. Oleh karena itu, kita sebagai hamba hanya bisa menerima dan aman jika bersandar kepada Allah.

Hikmah yang didapatkan ketika sakit adalah merasakan betapa sehat merupakan anugerah Allah yang luar biasa, yang diberikan kepada manusia. Tidak banyak menyadari bahwa bentuk kasih sayang Allah pada manusia bisa melalui rasa sakit ini. Jika ini selalu dilakukan, maka akan dicintai Allah.

Marilah bersama-sama mendoakan kesembuhan para guru kita, Aa Gym, Syeikh Ali Jaber, Ustaz Dr Syafii Antonio, dan Ustaz Salim Afillah serta seluruh kerabat yang diuji sakit. Semoga segera disehatkan dan bisa beraktivitas sepert sediakala. Aamiin Ya Allah. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *