Ini Nasihat Aa Gym ketika Menjenguk Orang Sakit

Allah SWT senantiasa menguji hambanya. Salah satunya lewat sakit. Ujian sakit itu sesungguhnya bukan karena penyakit, tapi boleh jadi cara Allah melihat keimanan hamba-Nya. Begitu pun ketika menjenguk orang sakit, ada hikmah yang bisa digali.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan, menjenguk orang sakit adalah hal baik untuk dilakukan. “Dalam Islam, menjenguk orang yang sakit adalah haq, baik sesama muslim maupun yang bukan muslim,” ujar Aa gym dalam salah satu vlognya yang diunggah di kanal Youtube, akhir Agustus lalu.

Aa Gym menjelaskan, ada tips menjenguk orang yang sakit. Selain menjaga silahturahmi, ada hikmah yang bisa didapatkan.

“Hal yang bisa kita lakukan ketika menjenguk, pertama, jenguk saudara kita dengan tidak memberatkannya. Kedua, bawa buah tangan. Mungkin dengan itu, bisa membahagiakan saudara kita. Ketiga, doakan saudara kita untuk lekas sembuh. Lalu keempat, tundukkan pandangan. Maksudnya, jangan melihat sesuatu yang kiranya membuat saudara kita merasa risih. Serta kelima, menyemangati lekas sembuh,” ungkap Aa Gym.

Aa Gym menambahkan, sakit yang dialami seseorang sesungguhnya cara Allah menyucikan diri dan mengangkat dejarat orang tersebut lewat rasa sakit.

Selain ada hikmah yang didapat bagi yang sakit, ada pula makna bagi kita yang menjenguk. Aa Gym menuturkan harus ada efek selepas menjenguk yang sakit.

“Setelah kita menjenguk, kita mensyukuri nikmat sehat yang dialami saat ini. Lalu, kita bertekad menjaga kesehatan. Kita juga harus menjadikan rasa sehat agar terhindar dari maksiat. Karena mudah bagi Allah mengambil apa yang dititipkan kepada kita,” kata Aa Gym. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *