PG TK Daarut Tauhiid Gelar Mini Zoo di Sekolah

[daaruttauhiid.org] – Untuk pertama kalinya, PG&TK Daarut Tauhiid kembali menggelar kegiatan mini zoo setelah hampir 1 tahun lebih kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Kegiatan yang berlangsung pada hari senin sampai hari rabu ini diikuti oleh seruluh siswa kelompok PG, Tk-A dan Tk- B dengan jumlah siswa 70 orang dan 85 siswa.

Setiap harinya siswa yang hadir pada kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan sesi masuk, agar protocol kesehatan dikelas tetap dijalankan dan sesuai aturan yang berlaku. “Setiap kegiatan belangsung kami membut dua sesi, disetiap sesinya terdiri dari tujuh siswa tergantung jumlah siswa dikelompok kecil. Saat kegiatan pun kami membagi dua kelompok ada kelompok yang memberi makan hewan dan kelompok menanam, setelah 30 menit anak-anak bergantian,”Jelas Suci penanggung jawab kegiatan saat itu.

Menanamkan rasa kasih dan sayang terhadap hewan dan tumbuhan menjadi tema dikegiatan kali ini, dimana siswa tidak hanya melihat binatang yang ada tetapi siswa pun diajak untuk menanam tumbuhan. Selain itu, sekolah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membawa hewan peliharaannya ke sekolah.

“Meskipun kegiatan dilakukan disekolah, para siswa sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Kegiatan diawali dengan mendengarkan asmaul husna, membuat mahkota hewan, do’a keluar rumah, membaca do’a ketika naik kendaraan, secara tidak langsung mengajarkan anak bagaimana abad saat berpergian”, ungkap Suci

“Selain itu kami meyiapkan tiket masuk mini zoo serta menyediakan uang mainan untuk dibagikan kepada siswa,  siswa pun kami berikan kebebasan untuk berpakaian layaknya mereka akan bertamasya, namun tetap dengan memakai kerudung untuk siswa akhwat, dan tidak lupa anak harus memakai sarung tangan dikarnakan anak akan bersentuhan dengan hewan”, tambahnya.

Tidak hanya sekolah yang menyediakan hewan di mini zoo, para siswapun membawa hewan peliharaanya. Ada yang membawa kura-kura, ikan, kucing, hamster, bekicot bahkan ada siswa yang membawa kaki seribu, dan tidak lupa kegiatan menanam benih cabai rawit, dan yang terakhir foto bersama”, ungkap suci.

Event ini diadakan karna pada saat pekan kemarin tema KBM yang berlangsung tentang tanaman dan hewan, untuk memberikan makna dan suasana berbeda, PG&TK Daarut Tauhiid membuat event mini zoo untuk siswa.  Selain bermakna, sekolah pun menyesuain dengan keadaan paandemi saat ini, dimana siswa tidak bisa berkunjung kesuatu tempat dengan teman-temannya dan dengan guru-guru, jadi kami mensiasati dengan membuat mini zoo di Tk Daarut Tauhiid dengan jumlah siswa terbatas dan protocol yang ketat.

Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak tentu bisa lebih menyanyagi memiliki rasa kasih sayang terhadap lingkungan dan makhluk ciptaan allah yaitu hewan dan tanaman, anak-anak juga pada saat pulang diberikan amanah untuk menjaga, marawat, menyiram tanamannya, sehingga anak-anak memiliki rasa tanggung jawab kepada tanaman yang ditanamnya. Jadi harapnnya tentu ingin anak-anak jadi lebih baik, menjadi anak-anak sholeh yang sadar terhadap lingkungan dan menyayangi makhluk ciptaan-Nya seperti hewan dan tanaman,” pungkas Suci. (Pipit)

Red: WIN

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening berikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *