SD DT Latih Kekompakan dengan Santap Sate Bersama

Perayaan Idul Adha di lingkungan SD Daarut Tauhiid (DT) beberapa waktu lalu, mampu meningkatkan kemandirian dan kekompakan para siswa. Karmansyah, Wakil Kepala Kesiswaan SD DT menyampaikan, para santri antusias mengikuti kegiatan santap sate bersama.

“Kita coba bangun kepekaan mereka lewat kegiatan ini. Kita bagi kelompok dari masing-masing kelas. Dalam kegiatan ini, kita juga coba mengajarkan pada anak-anak bentuk syukur pada Allah SWT, yang sudah memberikan banyak kesempatan dan rezeki melalui hewan kurban, yang pada hari ini bisa dijadikan alat untuk membangun kebersamaan,” tuturnya pada Jumat (16/8).

Selain untuk melatih kepekaan dan kemandirian siswa, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari leadership yang menjadi ciri dari DT. Menurutnya, anak-anak di usia tersebut masih sulit untuk mengontrol situasi yang sedang dihadapi, semisal pembelajaran atau situasi kelompok.

Melalui kegiatan nyate bersama ini, Karmansyah berharap, akan muncul sifat leader di diantara masing-masing kelompok. “Kita terus coba bangun kemandirian siswa dengan cara apa pun, lewat kegiatan ini juga kita coba bangun jiwa kepemimpinan yang memang sudah menjadi ciri dari Daarut Tauhiid. Calon-calon pemimpin masa depan ini nantinya akan menjadi stimulus bagi kawannya untuk mempelajari hal yang sama, karena dalam proses pengembangan leadership pada anak biasa, satu leader akan menjadi medan magnet untuk yang lainnya,” jelasnya.

Karmansyah berharap, seluruh civitas yang ada di SD DT, baik siswa, guru dan orangtua siswa, dapat memetik hikmah yang terkandung dari Hari Raya Idul Adha. “Mudah-mudahan dengan hari raya ini kita semua bisa mendapatkan banyak hikmah. Baik untuk masing-masing diri, atau untuk perkembangan generasi yang ada di lingkungan SD DT,” paparnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *