Setiap Tantangan Harus Dihadapi

Daarut Tauhiid (DT) bukan hanya dikenal sebagai tempat yang tenang untuk beribadah. Tapi DT juga menjadi pesantren yang concern mendidik umat berakhlakul karimah, yakni dengan karakter Baik dan Kuat (BAKU). Ciri khas pendidikan di DT ini membuat semakin banyak orang yang ingin berkunjung ke DT.

Namun, semua itu diperoleh setelah melewati tantangan luar biasa. Bisa saja di antara kita tidak ingin mengalami tantangan tersebut. Dari beragam kesulitan yang dirasakan hingga bagaimana menjadi perhatian banyak orang atau terkenal. Itu semua merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh DT sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam atau pesantren.

Tantangan atau rintangan hidup yang dialami oleh individu pun kurang lebih sama. Setiap tantangan ini bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Mampu menyikapi tantangan dengan sikap terbaik, yakni selalu bersandar kepada Allah sebagai satu-satunya pemberi solusi.

Tantangan untuk Perbaiki Diri

Tantangan biasanya menjadi hal yang dihindari banyak orang, karena yang namanya tantangan itu tidaklah mudah. Alhasil jika tidak terpaksa, jarang sekali ada yang mau menerima sebuah tantangan. Apalagi kehidupan selalu punya cara untuk menunjukkan pada kita, bahwa sekeras apa pun kita berusaha, atau sebaik apa pun kita memperlakukan orang lain, pasti ada saja masa ketika hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan.

Jika setiap orang hidupnya tanpa tantangan, maka ia tidak akan memiliki kesungguhan dalam berharap memohon pertolongan Allah. Sekali kita menyatakan tidak mampu hidup dalam persaingan, maka kita tidak akan pernah bisa memompa kemampuan secara maksimal. Dengan kata lain, orang yang tidak suka bersaing dan menghindarinya, hidupnya akan biasa-biasa saja. Beda dengan orang yang memiliki pesaing. la akan selalu berusaha untuk unggul, minimal tidak sampai kalah oleh saingannya.

Artinya, suasana penuh tantangan dan persaingan adalah dari karunia Allah yang membuat hidup lebih berwarna. Lebih terpompa kesungguhan dan juga lebih banyak karya yang bisa kita hasilkan.

۷  فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ ۶ إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا  ۵فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (QS. al-Insyirah [94]: 5-7).

Tantangan di Tahun 2021

Belum usai pandemi, namun DT telah bersiap berkhidmat kepada umat. Setiap tantangan yang akan dihadapi di tahun 2021 nanti, telah diantisipasi sebaik mungkin. Segala upaya pun mulai dilakukan oleh sivitas DT. Mulai dari persiapan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di semua jenjang pendidikan. Lalu, optimalisasi dan evaluasi program virtual. Kemudian kegiatan fundraising dan pengembangan wakaf agar mampu menghadapi tantangan-tantangan yang akan terjadi.

Tindakan evaluasi di tahun ini pun sangat diperlukan. Karena dari sinilah kita mampu berbuat lebih baik, juga terhindar dari segala kesalahan. (Eko)

ket: ilustrasi foto diambil saat sebelum pandemi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *