Siswa SMA Adzkia Ikuti ‘Latihan Baca Kilat, Kiat Belajar Efektif’

[daaruttauhiid.org] – Tidak semua orang suka membaca. Namun sebagai pelajar, membaca tentunya menjadi sebuah keharusan yang tak dapat dihindari.

Di Sekolah Kader SMA Adzkia Islamic School, Ahmad Najib mencoba berbagi cara membaca kilat dengan memaksimalkan alam bawah sadar.

“Baca kilat pada dasarnya merupakan sebuah metode membaca dengan menggunakan alam bawah sadar. Ada tiga tahapan yang harus diperhatikan sebelum menerapkan teknik baca kilat,” ujar Ahmad Najib, Guru SMA Adzkia Islamic School, Selasa (16/11).

Ustaz yang sehari-harinya mengampu mata pelajaran Ekonomi ini menuturkan, praktik membaca kilat berbeda dengan membaca biasa. Najib pun memberikan beberapa panduan agar siswa dapat melakukan praktik baca kilat agar lebih mudah menyerap ilmu dari buku.

Praktik baca kilat ini diajarkan dalam sesi Student Learning Skill (SLS) Sekolah Kader SMA Adzkia School. Dalam kegiatan SLS, siswa tidak hanya diajarkan metode baca kilat saja tetapi juga teknik mind maping. Tidak hanya itu, dalam kegiatan SLS, siswa juga wajib mempraktikkan materi yang telah dikelaskan.

“Baca Kilat ini sebenarnya merupakan sebuah kemampuan, sehingga ketika sudah dipelajari kiatnya, harus terus menerus dipraktikkan agar tidak hilang.

Dengan diajarkannya metode baca kilat ini pada siswa, minimal sekarang ketika membaca sesuatu siswa dapat menentukan tujuan, dan setelah itu merangkum apa yang dibaca, lalu kemudian mengaplikasikannya melalui mind mapping agar lebih mudah lagi dipahami, serta diingat.

Jika dapat diterapkan di setiap Mata Pelajaran, harapannya pengetahuan menjadi mudah diserap, dan nilai bisa meningkat,” tutup Najib. (Nawang/Wahid)

Red: WIN

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening berikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *