SMK DTBS Terapkan 7 Kebiasaan sebelum Tidur

SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) terkenal dengan kedisiplinannya. Baik itu santri/siswa putra atau putrinya menerapkan kedisiplinan yang sesuai dengan aturan di DT. Karakter Baku (Baik dan Kuat)menjadi salah satu acuan untuk sivitas SMK DTBS menjalankan semua proses pendidikan karakter maupun formal.

Kegiatan yang dimulai sejak bangun tidur sampai kembali tidur di SMK DTBS, selalu diisi dengan kegiatan yang positif. Mengutip dari laman instagramnya @smkdaaruttauhid, ada 7 kebiasaan yang dilakukan siswa ketika akan tidur. Kebiasaan tersebut mengikuti apa yang disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren DT, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Berikut 7 kebiasaan sebelum tidur:

  1. Tidak bergadang.

Di SMK DTBS semua santri tidak diperbolehkan bergadang sebab esok hari harus memulai aktivitas pembelajaran.

  1. Berwudhu.

Berwudhu di SMK DTBS merupakan rutinitas yang perlu dilakukan sebagai bentuk menjaga kebersihan diri dan menjaga iman.

  1. Membersihkan tempat tidur.

Hal ini berkaitan dengan Karakter Baku. Selain itu, rutin membersihkan tempat tidur mengondisikan siswa SMK DTBS memiliki kediplinan tinggi.

  1. Matikan lampu.

Bukan hanya menghemat listrik, kegiatan mematikan lampu saat akan tidur dipercaya membuat para santri bisa terlelap dan memiliki tenaga prima agar bisa mengikuti materi pembelajaran keesokannya.

  1. Doa sebelum tidur.

Berdoa sebelum tidur merupakan sesuatu yang wajib dilakukan olah semua umat muslim, agar bisa jauh dari hal-hal yang akan mengganggu tidur lelap.

  1. Berbaring menghadap kanan.

Seperti yang disunnahkan Rasul, siswa SMK DTBS diwajibkan melakukan kebiasaan serupa. Tujuannya untuk mulai meniru hal-hal yang diperintahkan Nabi meskipun dalam cakupan kecil.

  1. Mengakhiri dengan doa.

Aktivitas ini kadang dilupakan oleh umat muslim, padahal doa setelah bangun tidur merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT. (Elga) 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *