Tempat Les Baca Tulis yang Bagus, Ini Tandanya!

Ada orangtua yang tidak setuju jika anaknya diajarkan baca, tulis, maupun berhitung (calistung) sejak dini (usia TK/PG). Namun, ada juga orangtua yang berpendapat sebaliknya. Tidak masalah anak usia dini diajarkan calistung. Selain membantunya ketika masuk Sekolah Dasar (SD), kecerdasan anak juga akan lebih cepat terpacu. Oleh karena itu, banyak orangtua yang kemudian berduyun-duyun mencari tempat les baca tulis yang bagus bagi anak mereka. Anda mungkin salah satunya.

Arti dan Metode Calistung

Sebelum kita kupas karakteristik atau tanda tempat les baca tulis yang bagus, ada baiknya dipahami terlebih dahulu arti calistung dan metode calistung. Mengapa? Karena jika berangkat dari pemahaman dan metode calistung yang benar, Anda akan sangat terbantu memilah dan menemukan tempat les baca tulis profesional. Tidak terjebak promosi atau daya pikat tempat les abal-abal.

Calistung secara sederhana diartikan sebagai kemampuan anak dalam mengenal huruf dan membaca rangkaian dari huruf tersebut (kata/kalimat), menuliskan huruf atau rangkaian dari huruf itu, dan berhitung menggunakan angka-angka. Calistung merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai agar tidak kesulitan dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan. Sehingga dapat dikatakan calistung sebagai kemampuan pra belajar seorang anak.

Tidak ada yang membantah pentingnya calistung bagi anak. Semua sepakat jika anak tidak diajari calistung, ia pasti akan kesulitan ketika mempelajari hal apa pun yang mensyaratkan kemampuan calistung. Namun, terjadi perbedaan pendapat mengenai kapan waktu yang tepat bagi anak untuk diajarkan calistung. Apakah semakin cepat atau dini diajarkan maka semakin baik, atau sebaliknya?

Sebagaimana telah disebutkan di awal tulisan ini, jika Anda termasuk yang setuju calistung diajarkan sejak usia dini, maka ada hal penting untuk dipahami. Hal tersebut adalah Anda harus mengerti bahwa calistung jangan dijadikan beban bagi anak. Apalagi bagi anak usia dini (usia TK/PG), bermain adalah dunia mereka. Jadi, pemilihan metode pengajaran yang disesuaikan dengan dunia anak-anak adalah syarat utama agar calistung bisa dikuasai oleh anak-anak. Dengan diajarkan menggunakan metode calistung seperti itu, anak-anak tidak merasa terbebani sehingga mereka tidak kesulitan memahaminya.

Tanda Tempat Les Baca Tulis yang Bagus

Metode calistung yang disesuaikan dengan dunia anak-anak (bermain) juga dapat Anda jadikan acuan ketika mencari tempat les baca tulis yang bagus. Jadikan hal ini sebagai poin nomer satu dalam kriteria pemilihan. Abaikan faktor tempat les itu sudah punya nama atau punya fasilitas belajar yang lengkap jika metodenya tidak mengandung unsur bermain.

Ada banyak metode calistung yang menitikberatkan pada proses bermain. Contoh, anak diajarkan baca tulis dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja berupa kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata, dan buku cerita bebas berseri. Proses belajarnya pun diajarkan secara bertahap. Mulai dari anak dikenalkan huruf dan kata menggunakan media kartu tersebut, hingga anak dituntun agar mampu membaca buku cerita khusus anak-anak.

Pun halnya dengan kemampuan menulis dan berhitung, diajarkan menggunakan alat bantu edukatif yang menarik minat anak-anak. Termasuk cara mengajarnya, guru atau pengajar les menggunakan metode fun learning, individual system, dan small step system. Metode-metode tersebut lebih menekankan pada proses daripada hasil, sehingga anak-anak akan enjoy mengikutinya.

Jadi, mudah bukan mengenali tempat les baca tulis yang bagus? (daaruttauhiid)    

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *