Kiat Mencari Homeschooling Terdekat dan Termurah

Menemukan dan mengembangkan potensi serta bakat anak adalah impian setiap orangtua. Apalagi jika dilakukan dengan cara yang mudah dipahami, efektif, dan menyenangkan. Homeschooling pun jadi pilihan banyak orangtua. Metode belajar ini diyakini efektif mewujudkan impian orangtua yang ingin masa depan anaknya cemerlang. Hanya saja, menemukan lembaga pendidikan homeschooling terdekat dan termurah bukan perkara mudah.

Jadi, kini banyak orangtua yang tidak hanya mencari homeschooling berkualitas, tapi faktor jarak dan biaya pun jadi bahan pertimbangan utama. Hal ini dikarenakan fungsi dasar dari homeschooling yang menitikberatkan pendidikan dilakukan di rumah. Sehingga ketika orangtua bermaksud mencari lembaga pendidikan homeschooling profesional, selain mencermati kualitas materi ajar atau kurikulumnya, banyak orangtua juga mencari lembaga pendidikan homeschooling yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah mereka. Supaya tidak banyak waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia karena jarak yang jauh.

Pun halnya dengan harga. Meski ada orangtua yang tidak mempersoalkan biaya, namun ada juga yang memilih homeschooling sebagai solusi tingginya biaya bersekolah formal negeri maupun swasta bergengsi. Bahkan ada anggapan, semakin prestise dan mahal biaya sekolah formal, maka kualitasnya pun semakin baik.

Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Karena yang menyebabkan pendidikan itu berkualitas ada pada kurikulum dan metode belajarnya. Nah, hal inilah yang kemudian disiasati dengan homeschooling yang lebih mengutamakan pada kedua hal tersebut (kurikulum dan metode belajar) daripada prestise atau gengsi semata. Biaya yang dikeluarkan bisa minimalis tanpa mengabaikan kualitas karena pendidikan lebih difokuskan pada ‘isi’nya. Jadi, homeschooling  murah tapi tidak murahan (minim kualitas) itu benar adanya. Bukan sekadar slogan atau pepesan kosong belaka.

Kiat Homeschooling Terdekat dan Termurah

Berikut ini beberapa kiat memilih homeschooling terdekat dan termurah tanpa mengabaikan faktor kualitasnya:

  1. Cari informasi sebanyak dan seluas-luasnya untuk menemukan homeschooling terdekat.

Pergunakan media pertemanan atau sosial media untuk menemukan lokasi lembaga pendidikan homeschooling terdekat dari rumah. Biasanya, ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari sosial media. Apalagi kini di sosial media sangat mudah ditemukan keberadaan homeschooling komunitas. Yakni tempat berkumpulnya para orangtua atau pegiat pendidikan yang memiliki concern terhadap dunia homeschooling. Bergabung dengan komunitas tersebut bisa jadi cara mudah menemukan lembaga homeschooling yang jaraknya bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Selain media sosial, menggunakan fasilitas search engine juga dapat dicoba. Cukup ketik kata kunci (key word) yang tepat, maka informasi mengenai lembaga pendidikan homeschooling yang diinginkan dapat diperoleh. Keuntungan cara ini, orangtua bisa mengetahui visi misi homeschooling dari setiap lembaga pendidikan secara lebih lengkap.

  1. Pergunakan media pembelajaran seefektif dan seefisien mungkin.

Kiat ini untuk menekan biaya homeschooling agar ramah di kantong. Sebagaimana telah dituliskan sebelumnya, berhasil atau tidaknya homeschooling bukan pada besarnya biaya yang dikeluarkan. Tapi, lebih kepada bagaimana kurikulum yang disusun dan komitmen untuk menjalankannya. Ada pun sarana atau media pembelajarannya, bisa disiasati tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Yang penting, anak yang mengikuti homeschooling bisa enjoy dan materi pendidikannya mudah dipahami.

Ternyata tidak sulit kan mencari homeschooling terdekat dan termurah? Selama ada kemauan dan tekad kuat, semua permasalahan yang ada pasti ada solusinya. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *