Tempat Wudu Masjid DT, Nyaman dan Indah Dipandang

Masjid Daarut Tauhiid (DT), yang berada di Jalan Gegerkalong Girang No.38, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, selalu memberikan kesan menarik bagi jamaah yang beribadah di Masjid DT. Bersih dan nyaman, itulah yang diutamakan para pengurus yang ada di Pesantren DT. Bahkan baru-baru ini, Pimpinan Pondok Pesantren DT, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), mengintruksikan untuk membuat kawasan pesantren bersih, nyaman dan indah, seperti di daerah Swiss.

Mengikutri intruksi Aa Gym itu, Pengurus Yayasan DT menerapkan Budaya BERHIBER (Bersih, Hijau, Bersahaja). Nuansa bersih dan hijau juga terdapat di tempat wudu dan toiletnya.

“Alhamdulillah, setelah melakukan tugas di Negara Swiss, banyak inspirasi hadir, terutama untuk memajukan pesantren ini. Salah satu yang mencolok adalah keindahannya. Pesantren ini sudah bersih, namun harus ditambah kembali tanaman untuk memberikan kesejukan bagi jamaah. Kawasan yang indah bisa membuat jamaah semakin betah dan banyak berkunjung ke DT,” ujar Aa Gym.

Ia juga menyampaikan, menjaga kebersihan itu sangat penting. Katanya, dari tempat yang bersih, terlahir hati dan pikiran manusia yang bersih pula. “Untuk terciptanya BERHIBER di lingkungan Ponpes DT, maka harus dijaga lingkungannya dengan Program BRTT (Bersih, Rapi, Bersih, Tertib, Teratur),” lanjutnya.

Efek dari Program BRTT yang ada di DT, dirasakan pula oleh Rudi, jamaah yang berasal dari Kabupaten Subang. “Area Masjid Daarut Tauhiid ini sangat bersih dan nyaman, apalagi di tempat wudunya terdapat tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Saya rasa di tempat wudunya aja sudah betah, apalagi di dalam masjidnya. Suatu hal yang positif adanya tumbuhan hijau di tempat wudu, bahkan di tolenyapun saya lihat, setiap toilet terdapat satu pot tumbuhan, comfortable, and very beautiful, to look at,” katanya pada Selasa (23/7). (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *