Jalani Masa Orientasi, Santri Tahfidz BQ DT Simak Ilmu Fiqih

Sebanyak 135 Calon Santri Tahfidz Baitul Quran (BQ) Daarut Tauhiid (DT) Angkatan ke 15, yang terdiri dari 45 santri ikhwan, dan 90 santri akhwat, menyima materi tentang fiqih, yang disampaikan oleh Ustaz Fahrudin. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Masa Orientasi Calon Santri Tahfiz BQ DT, dan dilaksanakan di Aula Daarul Hajj, pada Selasa (23/7).

Allhamdulillah hari ini terlaksana Masa Orientasi Calon Santri Tahfidz Baitul Quran Daarut Tauhiid (DT). Sebelumnya mereka telah melewati tahap seleksi, dari jumlah pendaftar sebanyak empat ratusan. Sekrang para peserta sedang mengikuti pemaparan materi ilmu fiqih, dalam penerapan praktis beribadah,” ujar Ahmad Tuqo, Musyrif Syiar BQ DT.

Ahmad Tuqo berharap, Calon Santri Tahfidz BQ DT, dapat bersungguh-sungguh mengikuti masa orientasi tersebut. “Saya berharap para peserta atau Calon Santri Tahfidz BQ, dapat mengikuti kegiatan orientasi dengan baik dan konsentrasi. Karena kegiatan ini adalah momen penyerapan ilmu-ilmu dasar dalam beribadah, seperti sekarang ini ada penyampai ilmu fiqih. Agar santri nantinya tidak kebingungan dalam melaksanakan Syariat Islam, karena dihadapkan dengan kondisi yang tidak memungkinkan. Contoh dalam berwudu, wudu kan dianjurkannya dengan air, tapi bagaimana jika di tempat yang mengalami kekeringan, atau dalam situasi tempat yang jauh dari sumber air? Maka dianjurkan untuk bertayamum, itulah yang disebut praktis ibadah,” tambahnya.

Tujuan lain dari kegiatan orientasi ini di antaranya ialah membentuk pribadi santri yang memiliki akidah bersih, ibadah yang benar, dan berakhlak mulia. Melahirkan santri yang ahli zikir, ahli fikir, dan ahli ikhtiar. Membentuk santri yang memiliki karakter BAKU (Baik dan Kuat). Lalu, mampu mengaplikasikan pembiasaan ibadah dan tata cara hidup yang lebih Islami. Memiliki pemahaman islam dasar, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun diharapkan juga dapat bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya. (Sukmara Galih)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *