Ustaz Maulana Yusuf Ajak Santri Tahfidz Berlomba dalam Kebaikan

Pengajar para Santri Tahfidz di Baitul Quran Daarut Tauhiid (DT), Ustaz Maulana Yusuf,  menyampaikan, berlomba-lomba demi kebaikan, merupakan sesuatu yang penting untuk menguji keimanan. Menurutnya, DT sebagai lembaga dakwah yang mengajarkan banyak hal tentang Islam, selalu mendorong jamaahnya untuk melakukan yang terbaik, salah satunya membaca al-Quran setiap hari.

Baginya, DT sudah mengarahkan para santri untuk menjadi insan yang berakhlak Quran. Cara untuk menghidupkan itu semua, hanya dengan rutin membaca al-Quran karena Allah SWT, dan karena kesadaran sendiri.

“Membacalah dengan sadar dan karena Allah SWT. Membaca pun tidak hanya membaca saja, pahami terjemahannya, jadikan pedoman diri. DT sudah sering mengenalkan itu, termasuk membentuk Lembaga Tahfidz Quran yang dibina oleh saya. Berlomba-lomba untuk kebaikan di lingkungan DT sudah biasa, yang terpenting Allah rida dengan kita, hal itu kan untuk mencapai berkah Allah SWT,” katanya, pada Kamis (19/9).

Ia juga mengatakan, seluruh santri di DT, baik Santri Karya (karyawan), dan santri akademis, sebaiknya menjalankan intruksi pimpinan, yaitu selalu mendekatkan diri dengan al-Quran.

“Kita sudah diintruksikan dengan Mutaba’ah Yaumiah untuk Santri Karya, syukuri itu sebagai bentuk kemudahan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Sedangkan untuk santri Ponpes, usahakan menjadikan Quran sebagai pegangan ketika sedang menjalani pembelajaran. Jadikan al-Quran sebagai keseimbangan antara ilmu pengetahuan, dan ilmu agama,” katanya.

Menurutnya, berlomba demi kebaikan, dengan menjadikan Quran sebagai medianya, dapat menjadikan DT sebagai rumah bagi pecinta dan penghafal Quran. Ke depan katannya, baik BQ atau program yang lain, harus mampu mensinergikan bacaan Quran dengan aktivitas santrinya.

“Quran itu Qalam Allah, banyak hal terkandung di dalamnya. Saya kira civitas DT jika bisa menghidupkan itu semua melalui Quran, berlomba demi kebaikan, membangun korelasi setiap kegiatan atas dasar al-Quran,” ujarnya. (Elga)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *