GSG Eco Pesantren Lakukan Pengecoran Lantai Tahap Dua

Gedung Serbaguna Pendidikan atau Dome, merupakan aset wakaf yang sedang mengalami proses pembangunan di Kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT). Titik lokasi bersebelahan dengan SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) yang beralamat di Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Pengerjaannya kini memasuki pengecoran lantai atas tahap kedua, yang dikerjakan oleh 30 orang pekerja. Pengecoran pun menggunakan teknik ready mix yang melibatkan sepuluh armada bangunan, yang terdiri dari sembilan unit mixer truck, dan satu unit concrete pump truck.

Dede Sehendar, Pengawas dan Perencanaan Pembangunan Dome di Eco Pesantren DT menyampaikan, pengecoran ini merupakan lanjutan dari pengecoran lantai atas pada tahap pertama, yang lakukan pada pekan ke 13. Pengecoran yang dilakukan di lantai atas dari tahap pertama ke tahap dua, memiliki jeda cukup lama. Alasannya karena pada saat pemasangan plat baja dan membuat kerangka lantai atas, mengalami sedikit kendala teknis.

“Alhamdulillah, hari ini terlaksana pengecoran lantai dua bangunan, yang memasuki tahap kedua, karena dalam perencanaan pengecoran lantai atas, akan mengalami tiga tahap pengecoran. Dimulai dari lantai belakang, tengah, dan terakhir lantai bagian depan. Pengecoran kali ini melibatkan cukup banyak armada bangunan, yaitu menggunakan sembilan unit mixer truck untuk mencampur semen dengan material lainnya, dan satu unit conrete pump truck  untuk mengantarkan semen coran ke titik pengencoran,” ungkap Dede pada Kamis (19/9).

Menurutnya, pembangunan Gedung Serbaguna Pendidikan ini, memasuki 62 persen. Pengecoran lantai atas tahap tiga direncanakan akan digelar pada Bulan Oktober, dengan catatan cuacanya mendukung.

“Mudah-mudahan cuacanya mendukung, karena cuaca berpengaruh terhadap proses pembangunan. Ya, jangan dulu hujan besar seperti kemari, apalagi sekarang dilakukan pengecoran lantai, agar pengecoran cepat mengeras. Kalau turun hujan kan, bisa-bisa buyar lagi semennya,” tambanya. (Sukamara Galih)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *