Yakin Atas Ketetapan Allah

Sahabat-sahabat sekalian..

Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Orang yang bertaqwa adalah orang yang paling banyak mengingat Allah dengan keyakinan yang tinggi dan orang yang memiliki keyakinan tinggi, akan berdampak baik pada dirinya sendiri, misalkan hati menjadi tenang, amalannya menjadi ikhlas, bersyukur, dan selalu sabar setiap keputusan yang Allah tetapkan.

Orang yang yakin kepada Allah tidak akan berprasangka buruk terhadap takdir yang telah diputuskan, karena ia mengetahui bahwa Allah maha baik tidak akan pernah mendzalimi hambanya, ia juga yakin bahwa apa yang ditetapkan kepadanya adalah yang terbaik yang diberikan Allah Ta’ala. Begitu juga apabila ia di uji dengan sebuah musibah, ia akan bersikap ridho karena tidak ada musibah yang menghampirinya melainkan dengan izin Allah.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al Quran,

هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّآ اَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَوْ يَأْتِيَ اَمْرُ رَبِّكَ ۗ كَذٰلِكَ فَعَلَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۗوَمَا ظَلَمَهُمُ اللّٰهُ وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ

“Tidak ada yang ditunggu mereka (orang kafir) selain datangnya para malaikat kepada mereka atau datangnya perintah Tuhanmu. Demikianlah yang telah diperbuat oleh orang-orang (kafir) sebelum mereka. Allah tidak menzalimi mereka, justru merekalah yang (selalu) menzalimi diri mereka sendiri.” (QS. An-Nahl: 33).

Kita harus menyerahkan semua urusan kita hanya kepada Allah. Apabila kita mempunyai keinginan, maka jangan berfokus pada keinginannya,  berfokuslah pada proses dan menerima hasil  akhirnya. Tidak ada hasil akhir yang kita terima melainkan hasil pemberian Allah. Kita harus menyakini juga bahwa pilihan Allah adalah pilihan yang terbaik dari pada pilihan kita sendiri, karena Allah yang maha tahu tentang diri kita.

Hadirin, perbanyaklah dzikir kepada Allah agar kita semakin taqwa kepadanya. Orang-orang yang senantiasa dzikrullah akan diangkat kedudukannya disisi Allah dan dimudahkan urusannya di dunia. Mulailah memposisikan diri untuk memperbanyak dzikir melebihi keinginan kita, karena orang yang telah memiliki kedudukan di hadapan Allah pasti akan dikabulkan keinginan. Menjadi ahli dzikir merupakan karunia Allah yang begitu besar, karena tidak banyak orang yang mampu melakukannya.

Agar hati kita selalu ridha menerima takdir Allah, maka hendaknya kita memperbanyak membaca doa berikut;

Allohumma rodhdhinii bi qodhoo-ika wa shobbirnii ‘alaa balaa-ika wa awzi’nii syukro ni’amaa-ika.

“Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu.

Wallahu a’lam bishowab.

(KH. Abdullah Gymnastiar)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *