Belajar Kehidupan Dari Anak

Dr, Mubiar Agustin, M.Pd

Anak-anak itu sangat peka terhadap lingkungannya. Anak pasti kritis jika ada sesuatu yg dianggap baru atau aneh disekitarnya.

3 komponen utama dalam pembelajaran anak usia dini:
1. Bermain
2. Bernyanyi
3. Bercerita

Belajar mengenali anak sebagai anugrah luar biasa dari Yang Maha Kuasa “Refleksi dan sarana untuk pandai bersyukur”

Anak memiliki sifat EGOSENTRISME yaitu merasa memiliki tapi hanya sebentar saja. Lain dengan orang dewasa yg memiliki sifat EGOISME yaitu sifat yg dekat dengan kesombongan ( merasa diri paling.. ), maka jika anak bertengkar atau berebut mainan hanya sebentar saja sudah kembali main bersama tapi orang dewasa jika ada masalah akan panjang.
Maka dari itu pada pendidikan usia dini nilai karakter itu sangat penting.

Anak diciptakan oleh Allah refleksnya selalu positif, maka apa yg diperlihatkan oleh anak itu selalu menyenangkan. Tapi Allah mengingatkan kecintaan kita kepada anak tidak boleh berlebihan karena anak adalah “fitnah” (cobaan).
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan RasulNya, dan juga janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu padahal kamu mengetahui. Dan Ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. [Al Anfal:27, 28].

Kita terlahir melalui proses yg sangat luar biasa,
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (QS. 23:12) Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). (QS. 23:13) Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang-belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasucilah Allah, Pencipta yang paling baik. (QS. 23:14) Kemudian sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. (QS. 23:15) Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari Kiamat. (QS. 23:16)”
QS. Al mu’minun: 12-16

Dalam proses itu ada 3 yg berperan RAHIM, ‘ALAQAH dan IBU
Rahim (tempat yg kokoh) yg mempunyai rahim hanya seorang ibu. Ibu dalam bahasa arab yaitu “Ummun” didefinisikan jd 2 kata:
💫”Amaamun” artinya depan. Karena ibu selalu terdepan. Apapun yg terjadi dgn anaknya ibu selalu yg pertama ada.

💫 “Imamun” pemimpin

‘Alaqah: sesuatu yg menempel. Terjemah bebas nya adalah lintah tugas utama lintah adalah menyedot. Maka saat proses menjadi ‘alaqah ini menyedot semua energinya dr ibu. An kelekatan yg paling utama dan pertama adalah kelekatan pada ibu.

1000 hari pertama adalah masa pengasuhan yg paling penting. 300 hari pengasuhan (pendidikan) dlm kandungan. 700 hari (2tahun pertama) setelah lahir.
Maka konsep pendidikan yg paling benar dimulai sejak dalam kandungan

  • Prilaku kecil yg berdampak luar biasa:
    Mencium anak. Ini adalah sunnah Nabi saw.
    “Perbanyaklah kamu mencium anak cucumu karena imbalan dari setiap ciuman adalah surga” (H. R. Bukhari)
  • Menggendong anak. Menumbuhkan rasa percaya diri, merasa diakui dan dihargai.

Darimana anak belajar?
Anak belajar dari lingkungan terdekat. Lingkungan terdekatnya adalah orangtua dan guru. Maka kunci supaya peniruan efektif perlu KETELADANAN & PEMBIASAAN

Alhamdulillah..