Jenis-jenis Gathering yang Perlu Diketahui

Jika disebutkan kata gathering, apa yang tersirat di benak Anda? Acara kumpul-kumpul karyawan suatu perusahaan/instansi ke suatu tempat wisata dan diisi dengan beragam permainan luar ruangan (out door)? Itu benar, tapi gathering ternyata punya beberapa jenis. Nah, jenis-jenis gathering tersebut hendaknya Anda ketahui.

Mengapa? Karena dengan mengenal beragam jenis gathering, maka beragam pula pilihan yang bisa dibuat terkait konsep acaranya. Baik itu untuk pemilihan tempat atau jenis-jenis permainan kelompok yang asik dimainkan. Jika konsep acara yang dirumuskan tepat sesuai jenis gatheringnya, maka tujuan gathering pun dapat dicapai.

Berikut ini ada tiga jenis-jenis gathering yang lazim dilakukan oleh suatu perusahaan atau instansi bagi para karyawannya:

1. Gathering Karyawan (Employee Gathering).
Sesuai namanya, gathering jenis ini hanya diikuti oleh karyawan-karyawan suatu perusahaan atau instansi. Biasanya gathering karyawan diadakan oleh perusahaan besar yang memiliki banyak divisi atau unit kerja. Tujuannya agar para karyawan dapat saling mengenal satu sama lain, baik sesama divisi maupun antar divisi.

Gathering karyawan juga biasa dilakukan hanya satu divisi dari suatu perusahaan. Tujuannya agar terbentuk rasa kebersamaan dan kesolidan di dalam divisi tersebut. Termasuk mencairkan suasana yang mungkin kaku antara atasan dan bawahan. Untuk jenis permainan, biasanya dipilih yang bersifat outbound (jelajah alam) atau camping.

2. Gathering keluarga (Family Gathering).
Dari jenis gathering yang biasa dilakukan, gathering keluarga termasuk jenis paling diminati. Nyaris setiap perusahaan/instansi besar atau pun kecil memilih gathering jenis ini untuk dilakukan. Alasannya, karena selain melibatkan para karyawan, keluarga dari karyawan-karyawan tersebut juga turut dilibatkan. Sehingga tujuan gathering untuk mengakrabkan perusahaan dengan karyawannya, dapat lebih paripurna dicapai.

Perusahaan tidak hanya semakin mengenal karyawannya, tapi juga keluarga dari karyawan tersebut juga turut dikenal. Karena pesertanya lebih beragam usia, maka pilihan permainan untuk mengisi acara gathering keluarga juga bisa leluasa dipilih. Seringnya jenis permainan kelompok untuk gathering keluarga bersifat tidak terlalu melelahkan secara fisik dan dipadukan dengan paket perjalanan ke suatu tempat wisata.

3. Gathering Pelanggan (Customer Gathering).
Perusahaan berbasis komunitas atau perusahaan jasa/produk tertentu adalah jenis perusahaan yang sering memilih jenis gathering ini. Nama lainnya adalah kopdar (kopi darat), diisi dengan acara penarikan undian berhadiah, pemberian doorprize, dan tidak lupa pengenalan produk terbaru dari perusahaan tersebut. Karena itu, gathering pelanggan bersifat lebih kompleks, dan seringkali melibatkan pihak ketiga (EO) untuk membantu berlangsungnya acara.

Semoga dengan mengetahui jenis-jenis gathering yang biasa diadakan, maka pilihan gathering yang direncanakan akan tepat. Tujuan gathering untuk membangun kebersamaan pun bisa dipadukan dengan unsur fun (hiburan). (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *