Ragam Manfaat Family Gathering

Anda seorang pekerja kantoran? Jika iya, pasti sangat mengenal atau bahkan merindukan kegiatan yang satu ini. Family gathering adalah istilah yang sudah lazim bagi kegiatan rekreasi atau kumpul bersama di luar ruangan, melibatkan para pekerja/karyawan kantoran bersama keluarga mereka. Manfaat family gathering yang luar biasa membuat kegiatan ini menjadi primadona.

Sangat banyak perusahaan atau instansi yang kini memandang family gathering sebagai bagian dari rencana kerja perusahaan. Membantah anggapan sebelumnya, yang melihat family gathering sekadar kegiatan menghambur-hamburkan uang dan waktu. Bahkan, family gathering diyakini sebagai salah satu indikator kepuasan karyawan. Jika tingkat kepuasan karyawan tinggi, maka produktifitas karyawan tersebut pun akan tinggi pula. Ada pun karyawan yang produktif adalah aset berharga bagi perusahaan.

Jadi, family gathering bukan hanya kegiatan bersenang-senang belaka. Ada banyak manfaat family gathering yang bisa diperoleh. Tidak hanya bagi perusahaan, tapi juga bagi karyawan yang mengikutinya. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

• Sarana hiburan/refreshing.
Piknik atau hiburan telah menjadi kebutuhan. Pun bagi seorang karyawan yang sehari-harinya bergelut dengan rutinitas kerja. Seiring beban kerja yang terus meningkat, kejenuhan dan stres kerja juga turut meningkat. Nah, salah satu cara efektif menghilangkan kejenuhan kerja dan membabat habis stres yang dirasakan, mengikuti family gathering adalah medianya. Apalagi kegiatan ini dilakukan di alam terbuka yang menawarkan keasrian alam dan ketenangan pikiran.

• Tim kerja menjadi solid.
Kegiatan family gathering pasti dikuti oleh seluruh karyawan atau minimal satu divisi kerja. Dengan mengikuti family gathering, maka suasana kerja satu divisi atau satu perusahaan akan direcharge atau dimotivasi kembali. Harapannya, hal ini membuat tim kerja satu divisi atau perusahaan secara keseluruhan akan semakin solid.

• Hubungan harmonis antar karyawan.
Konflik atau friksi (gesekan) kerja antar karyawan, merupakan hal yang sering ditemui di suatu perusahaan. Jika tidak dikelola dengan baik (managemen konflik), maka bisa menggangu atau bahkan menghambat kinerja perusahaan. Untuk itu, banyak perusahaan yang meyakini melalui kegiatan kumpul bersama, dan kemudian melakukan permainan bersama (camping, paintbal, outbound, rafting, dan lain-lain) bisa mengurai konflik yang ada. Mencairkan hubungan yang kaku. Apalagi dalam family gathering, keluarga karyawan juga turut serta. Hal ini turut mempererat rasa kebersamaan.

Masih banyak lagi manfaat family gathering yang bisa diperoleh. Jadi, kapan terakhir kali perusahaan Anda melakukan family gathering? (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *