Pimpinan Pesantren DT: Ramadan Penuh Berkah dan Ujian Kesabaran

Ramadan merupakan bulan penuh ketakwaan, juga penuh dengan keberkahan. Namun Ramadan pula yang menjadikan setiap pribadi berkualitas dengan berbagai macam musibah atau rintangan yang dihadapi. Hal tersebut disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam tausiyahnya di salah satu stasiun Televisi swasta menjekang berbuka.

Dalam kesempatan tersebut, Aa Gym mengatakan, kesabaran menjadi sangat penting dan sangat diperlukan dalam menjalani rutinitas di bulan suci. Pasalnya, kata Aa, Bulan Suci tidak hanya memberikan nilai ketakwaan dan media meningkatkan kualitas diri. Namun, setiap ujian yang Allah SWT berikan harus mampu dilalui, salah satunya dengan mengutamakan kesabaran.

Menurut Aa Gym, orang dengan kualitas kesabaran paling sederhana adalah orang yang mampu mengontrol dirinya atas apa yang sedang ia lakukan. Misalkan, lanjut Aa, ketika sedang melakukan sesuatu tidak melibatkan hawa nafsu, atau ketika melakukan sesuatu mampu menahan setiap keinginan yang berlebihan.

“Kesabaran adalah kunci terhadap apa yang kita lakukan di Bulan Suci. Benar, Bulan Ramadan memberikan banyak berkah, hanya saja Ramadan juga memberikan banyak ujian, nah di sini, kita diuji sebagai makhluk Allah SWT. Karena sejatinya kualitas kita tidak akan Allah tingkatkan tanpa sebuah ujian,” jelasnya, Rabu, (29/4).

Dalam kesempatan itu pula, Aa Gym mencontohkan ujian yang secara nyata dan betul-betul dirasakan oleh seluruh umat muslim, ialah menghadapi kenyataan untuk menjalankan ramadan di tengah Pandemi Covid 19. Yang mana, lanjut Aa Gym, kegiatan keagamaan harus dengan terpaksa dihentikan, karena takut menjadi salah satu penyebab penularan secara besar-besaran.

“Kita sebagai umat muslim, pasti rindu akan ke masjid, kita ingin beribadah di sana, menjalankan tarawih dan lainnya. Namun kenyataannya kita sedang menghadapi Pandemi, maka jadikanlah ini sebagai cara bertawakal, dan menguji kesabaran kita demi tercapainya pribadi yang Allah SWT inginkan di Bulan Suci, dan tentunya selamanya,” ujarnya. (Elga)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *