Hal-hal yang Dilarang Ketika Khutbah Berlangsung

[DAARUTTAUHIID.ORG]- Khutbah jum’at merupakan  rangkaian dari pelaksanaan ibadah jumat, ada beberapa larangan yang dilakukan saat sedang mendengarkan khutbah Jum’at diantaranya adalah:

1. Berbicara saat khatib sedang khutbah

pada kenyataannya masih sering kita jumpai ada beberapa jemaah yang saling berbicara padahal khotbah sedang berlangsung.
Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila engkau berkata kepada temanmu dan imam sedang berkhotbah pada hari Jumat, ‘diamlah’. Sesungguhnya engkau telah melakukan kesia-siaan,” (HR. Bukhari & Muslim).

Ketika khutbah berlangsung semestinya tidak keluar dari mulut seorang muslim, apa lagi saat ibadah Jumat seperti ini. Karena khutbah Jumat itu setara dengan dua rokaat. Jadi jika lalai dari mendengarkannya, maka seakan kita lalai dari dua reka’at shalat kita.

2. Melakukan Aktifitas yang Melalaikan Mendengarkan Khutbah

Menurut Imam Hanafi, Maliki, dan Hambali wajib hukumnya mendegarkan khutbah Jumat. Pendapat ini juga pendapat sahabat Utsman bin Affan, Abdullah bin Umar dan Ibnu Mas’ud. Imam Abu Hanifah mengatakan: “Semua hal yang diharamkan ketika sholat, haram juga dilakukan ketika sedang mendengarkan khutbah”.

Tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan atau aktifitas yang dapat mengalih diri mendengarkan khutbah, misalkan main hp, dimana sekarang banyak yang main hp ketika khutbah jumat berlangsung.

“Dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”. (Qs. Al-A’rof 7 ayat 204).

Sudah bisa dipastikan bahwa dalam khutbah Jumat itu pasti ada ayat Al-Quran, karena itu tidak layak bagi jama’ah untuk main-main ketika khotib sedang berkhutbah.

3. Melangkahi Pundak Orang Lain 

Dilarang melewati pundak orang lain masjid saat khatib sedang berkhutbah berlangsug. Kecuali, jika melewati pundak orang lain sebelum khatib naik mimbar untuk khutbah maka dibolehkan.

“Barangsiapa di hari jum’at melangkahi pundak orang lain, maka akan dibuatkan baginya jembatan ke jahannam”. (HR. ibnu majah).

Dari Jabir bin Abdullah berkata, “Seorang laki-laki masuk masjid pada hari jum’at sementara Rasulullah berkhutbah. Laki-laki itu melangkahi orang-orang hingga Rasulullah bersabda: “Duduk! Sungguh engkau telah terlambat dan menyakiti (orang lain).“

4. Duduk sambil memeluk lutut ‘Ihtiba’

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda yang artinya: “Rasulullah melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Imam Nawawi mengatakan larangan duduk memeluk lutut saat mendengarkan khutbah agar tetap terjaga dan tidak tidur. Allahu a’lam bishawab. (Shabirin arga)

____________________

daaruttauhiid.org