SMA ADZKIA BUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU

daaruttauhiid.org – SMA Adzkia Daarut Tauhiid kembali membuka pendaftaran Peserta Didik Baru. Sama dengan tahun sebelumnya, Tahun Ajaran 2019/2020 ini kuota untuk peserta didik baru adalah 50 orang.

“Kuota 50 orang ini terdiri dari 40 orang siswa Program Beasiswa, dan 10 orang siswa Program Reguler,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Adzkia, Ustaz Gunawan Setiaji, Selasa (8/1). Menurut Pria yang sehari-harinya mengampu Mata Pelajaran Matematika di SMA Adzkia tersebut, pengambilan Formulir untuk Gelombang I, dapat dilakukan mulai Rabu (9/1) hingga Kamis (31/1).

“Jadi kita hanya buka pendaftaran selama satu bulan, untuk Gelombang I. Jika kuota Pendaftar yang kita targetkan sebanyak 200 orang pendaftar tercukupi, maka secara otomatis Gelombang II ditiadakan. Harapannya, seperti tahun lalu, kita hanya buka satu Gelombang saja, sehingga di bulan Maret, kita sudah punya daftar siswa yang fixed akan menjadi Peserta Didik Baru di SMA Adzkia, untuk Tahun Ajaran 2019/2020 mendatang,” jelas Ustaz Gunawan.

Senada dengan Ustaz Gunawan, Humas SMA Adzkia, Nawang Fatma Putri mengatakan, masa PPDB tahun ini, diharapkan selesai di akhir Maret 2019. “Jadi di bulan April kita sudah bisa jadwalkan untuk daftar ulang, bagi program Beasiswa. Sementara Daftar ulang untuk program Reguler dijadwalkan pertengahan Maret,” tuturnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon Peserta Didik diantaranya adalah Pas photo berwarna 3 lembar, Foto Copy Kartu Keluarga, Fotocopy Akte Kelahiran, Foto Copy KTP Orang Tua, Surat Kelakuan Baik dari Sekolah Asal, NISN (print out dari web), Surat Keterangan Tidak Mampu bagi siswa program Beasiswa, Foto Copy Rapor SMP Semester 1-5, Foto Rumah tampak samping dan belakang (bagi program Beasiswa), Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas, dan membayar biaya pendaftaran (Bagi program Reguler).

“Semua persyaratan di atas wajib untuk dipenuhi, karena jika ada berkas yang tidak lengkap, maka siswa tersebut belum bisa mendaftar dan mendapatkan formulir pendaftaran. Sayang jika harus bolak-balik dua kali,” kata Nawang. Selain menjelaskan berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi, perempuan yang mengampu Agenda Karya Jurnalistik di SMA Adzkia ini juga menyebutkan beberapa Tahapan Seleksi yang nanti akan dilewati oleh calon peserta didik baru.

“Untuk tahapan pertama, kita ada seleksi Pemberkasan. Jadi semua berkas pendaftaran yang masuk ke Panitia PPDB akan diseleksi, sesuai dengan standar yang kita tetapkan. Usai diseleksi, kita akan umumkan siswa yang dapat melanjutkan tahap seleksi selanjutnya, yaitu Tes Tertulis, Tes Wawancara (untuk orang tua dan anak), Tes Baca Quran, dan terakhir Psikotes,” ungkapnya.

Nawang mengatakan, selesai melaksanakan berbagai tes yang tadi disebutkan, akan ada pengumuman Tes Seleksi Tahap II. “Bagi siswa program Reguler, Psikotes bisa dikatakan merupakan tahap akhir dari Tes, sehingga di awal Maret kita sudah bisa umumkan siapa saja yang lulus. Namun untuk program Beasiswa, akan ada Home Visit dari Daarut Tauhiid Peduli, sebagai penentuan akhir, apakah siswa tersebut layak atau tidak menerima beasiswa. Harapan saya, mudah-mudahan untuk tahun ini kita bisa kembali menjaring siswa-siswa berprestasi (baik di bidang akademik maupun non akademik) untuk kemudian dididik agar memiliki akhlak baik, bertauhiid kuat, beribadah baik dan benar, serta memiliki hafalan Al Quran, seperti 5 goal yang dimiliki SMA Adzkia. Aamiin,” pungkasnya. (HumAdz)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *