Aa Gym: Berdakwah dengan Kasih Sayang

Allah SWT berfirman. “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.” (QS. Ali ‘Imran [3]: 110)

Mengutip firman Allah ini, Aa Gym berpesan kepada seluruh santri karya Daarut Tauhiid (DT) saat mengisi kajian rutin yang digelar pada Kamis (22/2) di Masjid DT Bandung. Di hadapan puluhan santri karya DT, Aa Gym mengatakan, orang yang berdakwah menyebarkan Islam adalah orang yang beruntung, karena ia mengikuti apa yang disunahkan Nabi saw. Sedangkan sebagai umat muslim, kita berkewajiban untuk menyampaikan dakwah walau hanya satu ayat.

Menurut Aa Gym, hal terpenting dalam dakwah adalah luruskan niat hanya karena Allah. karena kegagalan dakwah itu jika niatnya salah, mencari kedudukan di hati manusia, berharap materi dan pemberian orang. Sedangkan keberuntungannya jika niat benar, caranya benar, ilmu yang disampaikan benar dan manfaat, serta sabar dan istiqamah.

“Dakwah dengan hati itu dakwah yang disertai dengan kasih saying. Ada rasa khawatir kalau orang lain ke neraka. Jika orang berbuat jelek harus kita bantu dari tipu daya setan. Sebagus apa pun yang kita lakukan pasti ada yang tidak suka, maka balaslah keburukan dengan kebaikan. Jangan mengolok-olok, jangan mencela, jangan panggil-memanggil dengan gelar yang buruk, jangan buruk sangka, jangan mengorek-ngorek atau mencari-cari kesalahan, kekurangan, aib, dan jangan ghibah. Jika ini diamalkan, akan akur dan damai hidup ini,” pesan Aa Gym.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *