Aa Gym: Cara Mengetahui Orang Jujur

Suatu hal yang wajar jika semua manusia menginginkan setiap orang itu bersikap jujur. Karena kondisi ini menjadi impian dan membuat orang tersebut dipercaya kehadirannya sebagai kemaslahatan kepada sesama.

Inilah yang diungkapkan Pimpinan Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam Aa Gym Daily Vlog yang disiarkan melalui kanal YouTube, Senin (14/12).

“Setiap kita sangat merindukan orang yang jujur tepercaya. Berusaha mengajak dan bertekad menjadi pribadi jujur itu suatu hal yang mulia,” ujar Aa Gym.

Apalagi krisis kepercayaan dan kejujuran kini terjadi di Indonesia. Menurut Aa Gym, betapa setiap orang membutuhkan pribadi yang jujur.

“Kita bisa melihat orang jujur dari kriteria ini, yaitu tenang, ringan tidak ada beban, konsisten, yakin dan jujur karena Allah. Setidaknya ini adalah modal dasar bagi kita untuk mengetahui pribadi orang tersebut. Dan juga bisa diaplikasikan bagi setiap pribadi kita,” ujar Aa Gym.

Selain itu, Aa Gym juga menyampaikan kriteria yang sebaliknya. Bisa terdeteksi bahwa pribadi itu tidak jujur dan berdusta.

“Gampang saja jika kita melihat orang itu tidak jujur, yaitu gelisah, memiliki beban sehingga berdusta, inkonsisten, mengada-ada dan rekayasa keyakinan, serta tidak ingat Allah. Jika ini hadir pada diri kita, haruslah bertobat dan segera perbaiki,” ujarnya.

Aa Gym juga mengingatkan bahwa hati, lisan, dan sikapnya sama dalam kebenaran. Berusaha dengan keras menjadi pribadi jujur. Karena dari sinilah, setiap kita akan menjadi hamba yang takut kepada Allah jika berbuat salah. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *