Petuah Aa Gym, Jujur Itu Amatlah Penting

Selama pandemi Covid-19, Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar atau akarab di sapa Aa Gym, kerap kali melakukan kajian secara daring. Bahkan, Aa Gym lebih sering mengunggah video pendek berisi nasihat di media sosial miliknya. Seperti yang diunggah baru-baru ini, Aa Gym memberikan nasihat tentang akibat dari kehidupan yang tidak menjunjung kejujuran.

Video yang menggunakan bahasa Inggris tersebut, menjelaskan bahwa kejujuran merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dilakukan dalam kehidpan sehari-hari.

“Kejujuran adalah sesuatu yang penting, jika tidak mampu melakukan kejujuran maka hidp akan menjadi celaka dan petaka, hidup akan sulit dan kesulitan, kita ridak akan mampu untuk jujur pada keadaan dan diri sendiri, itu merupakan satu keadan yang sangat sulit,maka jujur harus menjadi kunci untuk mendukang mimpi dalam hidup,” ujar Aa Gym, Selasa (2/6).

Menurut Aa Gym, jika kita tak mampu menjadi pribadi yang jujur, petaka lain yang akan datang adalah kita menjadi pribadi yang tidak konsisten. Sebab, lanjut Aa, kita tidak akan tahu apa yang akan diperbaiki dan rencana apa yang akan dilakukan untuk memperbaiki satu kesalahan.

“Kita tidak akan tahu yang mana kesalahan, yang ada adalah kita terus merasa diri ini benar dengan segala argumentasinya. Kita menjadi pribadi yang tidak konsisten untuk kehidupan, kita tidak akan tahu rencana apa yang aka dilakukan di kemudian hari,” jelasnya.

Dalam video singkatnya Aa Gym berpesan agar setiap manusia bisa membuka  hati agar bisa menjadi pribadi yang lebih lunak dan mampu menerima nasihat. Bahkan, Aa Gym menganjurkan agar kita terus mendekati lingkungan orang-orang shaleh agar hidup bisa lebih baik.

“Faktor hati yang keras juga menjadi salah satu bagian kenapa manusia tidak jujur dan cederung untuk mempertahankan argumentasinya, maka kita harus senantiasa membuka hati, membuka telinga agar sentilan orang lain bisa masuk untuk mengingatkan. Kalau bisa bergaulah dengan orang yang saleh agar apa yang dilakukannya akan menyentuh hati kita,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *