Amalkan Semboyan DT (Dzikir, Fikir, Ikhtiar), Santri Dilatih Tawadu

Setelah salat zuhur di Masjid Rahmatan Lil ‘alamin Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), seluruh Santri SMP, SMA, dan SMK, melakukan zikir bersama, hal ini sebagai bentuk pengamalan semboyan dari Pondok Pesantren DT, yakni Dzikir, Fikir, dan Ikhtiar.

Tidak hanya sekadar semboyan yang tertulis dalam logo DT. Tiga kata tersebut bermakna kekuatan dahsyat yang akan membawa keberkahan dalam hidup. Hal itu pun disampaikan oleh Andi, Pendamping dan Pengawas Santri.

“Sesungguhnya Agama Islam yang kita sama-sama cintai ini sangatlah menekankan pentingnya menuntut ilmu. Karena itu Rasulullah saw sangat menganjurkan kepada umatnya, agar giat menuntut ilmu, dan mendayagunakan akal pikiran. Dalam menuntut ilmu harus didasari ketaatan kepada Allah SWT. Seperti halnya, Dzikir, Fikir, dan Ikhtiar, guna keperluan hidup dan kehidupan,” jelasnya, pada Selasa (16/7).

Menurutnya, santri yang menuntut ilmu di DT, harus dapat mengamalkan tiga kata dalam semboyan tersebut, sebagai bentuk ketawaduan dan ketauhidan kepada Allah SWT. Katanya, keberkahan dalam hidup dapat diraih oleh santri, jika mereka senantiasa melibatkan Allah SWT.

Andi juga menyampaikan pesan dari Aa Gym, untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Allah SWT. “Zikir menjadi pondasi kemuliaan akhlak, membuat orang ikhlas, tawadu, dan optimis dalam hidup. Potensi fikir berupa akal untuk mengelola, dan mengolah alam, mengembangkan karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan. Jadi, integrasi dari potensi zikir dan potensi fikir diaktualisasikan dengan kerja keras,” jelasnya.  (Sukamara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *