Santri SMK DTBS Putri Gembira Laksanakan Persiapan Prakerin

Santri tingkat akhir, atau Kelas XII SMK Putri Darut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri, sedang melakukan persiapan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Di hari kedua sekolah ini, para santri mendapat materi sosialisasi prakerin. Seperti pengertian prakerin, maksud dan tujuan prakerin, sampai pada tata tertib santri selama melakukan prakerin.

Nabilla Siti Hamidah, Santri Kelas XII, Jurusan Prodi Akuntansi yang juga aktif di OSIS SMK DTBS, menyampaikan kesannya menjalani persiapan Prakerin. “Sebelunya saya merasa seneng banget bisa masuk sekolah lagi, dan ketemu sama teman-teman. Ditambah kelas dua belas ini, apalagi semester pertama, kita itu akan menghadapi yang namanya Prakerin (Paktek Kerja Industri). Jadi sekarang kita tidak terlalu fokus belajar, namun diisi dengan sosialisasi atau pembekalan prakerin tersebut dari Kepala Sekolah, dan Waka Kesiswaan. Ketika pertama masuk juga, dalam hal ini saya merasa have fun, karena belajar kita lebih dibanyakan berkomunikasi sama menajemen sekolah,” jelasnya pada Selasa (16/7).

SMK DTBS menggelar Prakerin sebagai salah satu sarat menyelesaikan pendidikan. Prakerin tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan instansi-instansi pemerintah atau swasta yang mempunyai tujuan tertentu, yaitu meningkatkan dan memperluas pengetahuan siswa terhadap jenis-jenis lingkungan kerja.

Tujuan yang diharapkan oleh SMK DTBS perihal Prakerin ini,  ada lima hal. Pertama, memantapkan, meningkatkan, dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh santri dalam dunia kerja. Kedua, mengembangkan dan memantapkan sikap professional yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja, sesuai dengan bidang masing-masing. Ketiga, sebagai sarana komunikasi antar Santri SMK Putri DTBS dengan instansi atau kantor tempat pelaksanaan kerja praktek. Keempat,  memberikan kesempatan kepada Santri SMK DTBS Putri untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja, yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri, terutama yang berkenaan dengan di siplin kerja. Kelima, memberikan masukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.

Terkait penempatan Prakerin, Pihak Management SMK DTBS Putri yang bertanggungjawab. Jadi, santri tidak perlu mencari tempat Prakerin. Mereka hanya harus mempersiapkan diri agar siap melaksanakan prakerin di mana pun. (Sukmara Galih)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *