Bijak Menggunakan Teknologi

Teknologi adalah karunia dan ujian dari Alloh, bisa memudahkan kita untuk memperbanyak kebaikan atau memperbanyak dosa.

Sahabat yang baik, dengan adanya teknologi, maka harus kita manfaatkan dengan baik. Karena teknologi seperti pedang bermata dua, apabila kita gunakan teknologi untuk kebaikan, maka akan sangat bermanfaat. Namun apabila digunakan untuk keburukan, maka akan menjadi mudarat.

Jaman teknologi ini merupakan karunia Alloh, hakikatnya Alloh yang menggerakkan hambanya untuk membuat sosial media tersebut.

Dalam memanfaatkan teknologi, ada 4 hal kunci keuntungan dalam Surat Al-‘Asr:
1. Setiap waktu dijalani dengan semakin paham kebenaran
2. Mengamalkan kebenaran
3. Saling berwasiat dalam kebenaran
4. Saling berwasiat dalam kesabaran

Namun sebaliknya, kalau kita tidak bisa menggunakan teknologi dengan baik, justru dengan adanya teknologi malah menjadikan diri kita rugi karenanya, maka sama halnya teknologi membuat akhlak dan ibadah kita menjadi rusak. Karena banyak orang yang menggunakan sosial media bukan untuk dimanfaatkan, tapi hanya untuk hiburan saja. Oleh karena itu, bijaklah kita dalam menggunakan teknologi.

Sahabat yang baik, ada di antara kita yang Alloh takdirkan saat ini harus berada di negara minoritas muslim, baik untuk mencari ilmu atau pun bekerja. Jika kita berada di negara minoritas muslim tersebut, maka kita harus rajin mencari islamic center dan komunitas muslim terutama yang berasal dari Indonesia.

Di manapun kita berada, kita harus yakin tempat manapun ciptaan Alloh, kita diawasi oleh Alloh, rezeki diatur oleh Alloh dan kita harus dekat dengan Alloh. Salah satunya dengan kita berada di lingkungan yang baik bersama komunitas Islamic dan pergaulan yang bermanfaat.

Sahabat yang baik, semoga Alloh senantiasa memberikan rahmat dan menolong kita dengan sempurna. Aamiin.

Simak kajian selengkapnya di Youtube:
Aagym Official

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *