Ragam Contoh Teknologi Nano

Ada banyak contoh teknologi nano kini diterapkan. Supaya lebih mempermudah, kita bagi menjadi beberapa bidang penting dalam kehidupan manusia.

  1. Bidang pertanian.

Masalah pertanian atau pangan adalah salah satu masalah krusial abad ini. Seiring dengan pesatnya pertambahan jumlah manusia, kuantitas dan kualitas pangan terus menurun. Dibutuhkan terobosan yang brilian agar krisis pangan tidak terjadi. Nah, teknologi nano menjawab permasalahan tersebut. Yakni bagaimana teknologi nano dapat menemukan produk-produk pangan yang berdaya guna dan ramah lingkungan.

Mengacu pada laporan Friends of the Earth (lembaga internasional yang fokus pada pelestarian lingkungan hidup), tahun 2008 tercatat ada 104 produk pangan berbasis teknologi nano. Produk-produk ini meliputi jenis pangan baru, bahan tambahan pangan seperti produk susu atau minuman nutrisi, dan kemasan makanan atau minuman.

Teknologi nano menjadi pilihan karena teknologi ini memiliki beberapa kelebihan terkait produk pangan yang dihasilkan. Kelebihan yang ada misalnya, partikel nano memiliki kemampuan antimikroba sehingga efektif memperpanjang masa simpan beragam produk pangan yang mudah rusak karena faktor mikroba. Kelebihan lain, partikel nano memiliki sifat bioavailability yakni meningkatkan nilai gizi pada produk pangan komersil seperti susu atau minuman berenergi. Partikel seperti nano kalsium, nano propolis, atau nano gingseng yang ditambahkan pada produk pangan komersial tersebut, terbukti lebih mampu diserap oleh tubuh sehingga manfaat yang didapatkan bagi tubuh pun lebih maksimal.

  1. Bidang teknologi informasi (IT)

Jika ditanya di bidang apa, produk hasil teknologi nano yang signifikan berdampak pada  kehidupan modern? Jelas jawabannya adalah di bidang teknologi informasi. Hadirnya teknologi nano berperan besar mempercepat ditemukannya beragam produk inovatif di bidang IT. Seperti semakin kecil ukuran dan bertambahnya fungsi pada telepon genggam merupakan salah satu contoh andil dari teknologi nano. Pun dengan kemajuan pada produk komputer, baik itu berupa tingkat kecepatan komputer memproses data dan kapasitas memorinya.

  1. Bidang kesehatan.

Teknologi nano memungkinkan dibuatnya beragam peralatan kesehatan yang canggih. Seperti pembuatan nanorobotics yang  berupa mesin dengan skala nano untuk kebutuhan diagnosis dan pengobatan penyakit kanker atau jenis penyakit lainnya. Selain produk-produk medis, teknologi nano juga dikembangkan dalam penemuan obat-obatan. Telah banyak perusahaan farmasi yang mengembangkan obat-obat genetik berbasis teknologi nano.

  1. Bidang luar angkasa.

Graphene adalah salah satu contoh material yang berhasil dirakit menggunakan teknologi nano. Material ini punya kekuatan setara dengan ratusan kali baja tapi jauh lebih ringan. Ditemukannya graphene pun jadi prestasi luar biasa dalam bidang luar angkasa. Karena dengan material ini, dimungkinkan untuk membuat peralatan luar angkasa yang bisa bertahan dalam kondisi ekstrem atau tidak biasa.

Tentunya masih banyak lagi contoh teknologi nano yang bisa kita temui saat ini. selain contoh-contoh yang telah dibahas, produk hasil teknologi nano juga bisa kita lihat pada alat untuk mengurangi polusi udara, tabir surya pada peralatan kosmetik, pakaian dan perlengkapan olahraga untuk para atlit, serta contoh-contoh lainnya.

Keberadaan produk atau contoh teknologi nano ini semakin mempertegas pendapat dari para ilmuwan, bahwa teknologi nano merupakan teknologi masa depan peradaban manusia. Tidak salah jika banyak orang berharap besar pada teknologi ini sebagai sarana menjadikan kehidupan manusia semakin lebih baik. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *