Dakwah Bil Qalam Aa Gym

Perkembangan teknologi yang selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru kepada penggunanya memunculkan beraneka ragam media komunikasi. Hal ini sebaiknya dimanfaatkan secara optimal oleh manusia untuk berkomunikasi. Umat Islam pun dapat memanfaatkan media komunikasi sebagai sarana menyampaikan pesan moral yang baik dan juga sebagai media berdakwah para dai.

Dakwah via media cetak telah berkembang pesat. Karena kini banyak buku yang menyajikan informasi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan rohani para objek dakwah. Dengan bahasa yang mudah dimengerti serta menarik untuk dibaca dalam rentang waktu yang lama. Bentuknya pun lebih variatif dengan hadirnya buku elektronik yang mulai menyaingi buku fisik cetak.

Dakwah Bil Qalam

Dakwah bil qalam yaitu dakwah melalui tulisan yang dilakukan dengan keahlian di berbagai media, baik media cetak seperti buku dan media elektronik. Dakwah bil qalam jangkauannya lebih luas. Dapat dibaca kapan saja dan di mana saja sehingga objek dakwah bisa menikmati sajian dakwah dengan lebih fleksibel.

Buku yang mengandung pesan dakwah yaitu buku yang memiliki pesan nilai akidah, syariah, dan akhlak, yang mana nilai pesan itu dapat diterapkan dalam aspek kehidupan sosial dan kehidupan sehari-hari. Seperti buku yang berjudul “Meraih Bening Hati dengan Manajemen Qolbu” karya KH. Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym. Buku ini menyajikan kumpulan tulisan beliau yang pernah dimuat di Koran Pikiran Rakyat setiap hari Kamis dan rentang pemuatannya selama delapan bulan sejak awal tahun 2002.

Pada setiap sub babnya buku ini menyajikan bahasan menarik yang berbeda dalam satu tema. Setiap sub bab adalah kumpulan artikel Manajemen Qolbu di harian Pikiran Rakyat Bandung. Tema yang ada pada buku ini di antaranya: Mengenal Allah, Akhlak Mulia, Keluarga Sakinah, Manajemen Diri, Penyakit Hati, dan banyak lagi.

Kendati terbilang cukup lama jika dilihat dari tahun terbitnya, tetapi buku ini memiliki pembahasan yang masih relevan. Salah satunya adalah permasalahan penyakit hati, sederhana memang tapi bila tidak segera diobati dengan cara yang tepat maka bisa menimbulkan ketidakharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu di dalam buku ini dibahas secara tuntas tentang rahasia untuk sembuh dari penyakit hati yang dialami, serta masih banyak lagi sub bab yang pembahasannya masih berkaitan dengan umat muslim dewasa ini.

Bahasa Sederhana

Kemudian tulisan-tulisan Aa Gym ini memiliki makna yang dalam. Walau disampaikan dengan cara sederhana, namun sarat dengan pesan yang membumi. Buku ini juga menyajikan konsep manajemen qalbu, yaitu konsep yang merupakan sebuah metode untuk mengajak umat Islam supaya mampu menyelaraskan olah pikir, olah hati, dan olah tindakan. Intinya adalah me-manage dan memelihara kebeningan hati dengan cara mengenal Allah Ta’ala lebih mendalam dengan berzikir, berpikir, dan berikhtiar.

Salah satu daya tarik buku ini ialah bahasa Aa Gym yang mempunyai ciri khas dengan gaya tutur lembut dan mudah dimengerti oleh khalayak, sehingga pembaca karya beliau sangat luas, mulai dari anak-anak muda hingga mereka yang sudah berusia senja. Dakwah bil qalam yang dilakukan Aa Gym bisa berpengaruh kepada terbentuknya akhlaqul karimah objek dakwah yang membaca karyanya.

Karena salah seorang penyair yang berasal dari Arab bernama Syauqi pernah mengatakan bahwa, ”Suatu bangsa, negara, dan agama akan berjaya bila warga dan umatnya terdiri dari orang-orang yang mempunyai akhlak mulia (luhur). Dan sebaliknya jika suatu negara atau agama memiliki warga dan umatnya yang berakhlak buruk maka runtuhlah bangsa dan agama tersebut.”* (Gian)

*disarikan dari Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku “Meraih Bening Hati Dengan Manajemen Qolbu” oleh Caesar Nova A.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *