DT Peduli Kembali Sosialisasikan Sekolah Aman Bencana

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli, melalui program Kemanusiaan kembali menyelenggarakan Sosialisasi ‘Sekolah Aman Bencana’ pada Selasa (8/10). Sekolah yang dipilih yaitu SMP Unggulan al-Amin, di Jalan. H. Gofur RT.02/RW.07 Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

Sebelumnya SMP Unggulan al-Amin masuk ke dalam catatan relawan kemanusiaan, yaitu terindikasi salah satu sekolah yang akan mendapatkan guncangan gempa bumi yang sangat besar, akibat dari patahan Sesar Lembang.

Seluruh sivitas sekolah, mulai dari siswa, guru, hingga kepala sekolah, antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini merupakan bukti nyata sekolah dalam keseriusannya membangun sekolah yang aman, dan siap selamat dari bencana, seperti jargonnya, ‘SMP Unggulan al-Amin, Siap untuk Selamat’.

Mereka menyimak materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh Relawan Kemanusiaan DT Peduli. Seperti karakteristik bencana alam, pengenalan bahaya patahan Sesar Lembang, dan manajemen penanggulangan saat bencana serta bencana. Selain itu, para siswa dan guru turut mengikuti simulasi saat terjadinya bencana gempa bumi yang diakibatkan sesar lembang.

Azkiya, Siswi Kelas IX SMP Ungglan al-Amin, menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan tersebut. “Adanya kegiatan hari ini, saya menjadi lebih memahami apa yang harus dilakukan ketika peristiwa gempa bumi benar terjadi, karena selama ini, saya belum mengetahui tatacara dalam menghadapi bencana,” ungkapnya.

Khairudi Penanggungjawab Kegiatan juga menyampaikan, para siswa sangat antusias, sehingga membuat mereka serius mengikuti kegiatan dari mulai pemaparan sampai simulasi.
“Jadi kita dapat melakukan simulasinya secara cepat, tidak ada yang mesti diulang-ulang, karena mereka para siswa khusunya memahami apa yang kami maksud,” tuturnya.

Melihat kegiatan berjalan dengan baik, Taufiq, Kepala SMP Unggulan al-Amin juga berterima kasih kepada Relawan DT Peduli. “Saya berharap ini bukan kerja sama terakhir. Kami sangat ingin sinergi kembali. Semoga DT Peduli semakin luas menebar manfaat bagi masyarakat,” katanya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *