Kurangi Risiko Gempa Bumi, DT Peduli Sosialisasi ke Sekolah

SMP Islam Terpadu Daarul Hikmah yang terletak di Jalan Sariwangi No. 81, Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, terpilih oleh Daarut Tauhiid (DT) Peduli untuk menggelar Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana. Penanggung jawab kegiatan tersebut adalah Divisi Pengurangan Risiko Bencana, Program Kemanusiaan DT Peduli.

Sebanyak 100 siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. Simulasi yang dilakukan, lebih menitikberatkan pada cara menghadapi bencana gempa bumi. Alasannya, karena sekolah-sekolah yang berada di Bandung Raya bagian utara, berpotensi mengalami likuefaksi jika gempa terjadi di Sasar Lembang.

Andri Adi, Supervisor Program Kemanusiaan DT Peduli menyampaikan, Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana di sekolah-sekolah terus dilakukan. Sambutan baik pun didapat dari semua warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, hingga para siswa.

“Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana ini tidak hanya untuk murid-muridnya saja, tapi untuk semua civitas akademika juga. Sadar akan bencana alam yang akan mengancam, contohnya gempa bumi yang kemungkinan akan terjadi. Bertepatan dengan itu, SMP IT Daarul Hikmah terletak di wilayah yang terkena dampak Sasar Lembang. Jadi, sekolah ini masuk dalam daftar sosialisasi kami,” tutur Andri, pada Jumat (16/8).

Ia berharap, usai pelatihan, ada pengetahuan tentang bencana yang menempel pada para guru dan siswa. Sehingga mereka dapat bersiap siaga ketika bencana gempa bumi terjadi. Diharapkan pula semua guru dapat memberikan edukasi mengenai tanggap bencana, sehingga simulasi tanggap bencana tidak terputus saat sosialisasi dengan DT Peduli saja. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *