DT Peduli Raih Penghargaan dari Baznas

Kepala Kesekretariatan Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli ) Nurhayati mengatakan penghargaan yang diberikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada Senin 26 Agustus di Jakarta lalu merupakan sebuah keseriusan DT Peduli yang konsen pada gerakan sosial. Terpilih dalam kategori “Pertumbuhan Perhimpun ZIS terbaik” membuktikan bahwa integritas DT Peduli untuk terlibat dalam perubahan umat memang tak perlu diragukan lagi.

Terdapat beberapa kategori penilaian pada malam anugerah perzakatan yang digelar Baznas. Antara lain Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan Baznas dan LAZ Terbaik.

“Alhamdulilah DT Peduli sebagai LAZ kembali meraih penghargaan dari Baznas pada saat acar malam penganugerahaan di aula Kementerian Agama (Kemenag) kawasan Thamarin, Jakarta Pusat 26 Agustus kemarin. Bagi kami ini merupakan kebanggaan sekaligus pecutan baru ntuk terus bisa berkontribusi membantu umat yang memerlukan, Ada banyak kategori tentunya, DT Peduli diberikan kategori Pertumbuhan Perhimpunan ZIS terbaik,”ujarnya ditemui di Kantor, Senin (29/9).

Meski berbeda dengan tahun kemarin kategorinya, namun, lanjut dia penilaian tetap ada di BAZNAS. Setiap penilaian dilihat dari bagaimana report atau laporan masing-masing LAZ ke BAZNAS setiap catruwulan pertama dan kedua.

“Memang sebagai lembaga amil zakaT DT Peduli  punya kewajiban untuk selalu buat report ke Baznas, karena Baznas memang ditunjuk langsung oleh pemerintah. Kita memang wajib report setiap satu semester, biasnya disitu kita sampaikan perolehan ZIS kemudian juga berapa capaian penerima manfaat atau mustahiq, tentang berapa banyak dana yang disalurkan untuk bantuan. Dari situ BAZNAS melihat ada potensi pertumbuhan dan alhamdulilah di 2017 kita sendiri mendapatkan penghargaan untuk kategori pendistribusian yang terbaik, untuk yang 2018 ini sebagai LAZ dengan Pertumbuhan Perhimpunan ZIS terbaik.

“Kalo kriteria memang seluruhnya ditentukan oleh Baznas. Semua LAZ memungkinkan mendapatkan penghargaan ini, namun sekali lagi dutentukan oleh Baznas, deadline kita Januari- Juli sesuai dengan catruwulan yang ditentukan,”kata dia.

Memang sejak mendapatkan penghargaan yang pertama, LAZ DT peduli berhasil meningkatkan penerimaan ZIS nya.  Hal ini terbukti di Agustus kemarin ZIS di DT Peduli berhasil menghimpun dana sebesar 127 M.

“Alhamdulilah performa kita terus meningkat, sejak mendapatkan penghargaan kinerja santri karya semakin meningkat, Terakhir saja kita kemarin ada di angka 127 M. Hal ini harus di syukuri karena Allah SWT masih memberikan kepercayaan pada DT Peduli untuk menghimpun ZIS dari umat untuk umat,”katanya. (Elgana Mubarokah)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *