Empat Cara Mendidik Anak Agar Sukses Dunia Akhirat

KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab di sapa Aa Gym adalah salah seorang ulama yang fokus dan peduli terhadap dunia pendidikan. Tidak hanya mendirikan Daarut Tauhiid (DT), Aa Gym pun dalam beberapa kesempatan, seperti saat memberi tausiah, kerap kali menyampaikan tentang perkembangan dakwah dan dunia pendidikan.

Seperti salah satu tausiahnya yang diunggah di akun Youtube miliknya, pada Jumaat (1/4), Aa Gym menyampaikan tata cara mendidik anak agar mampu memiliki pribadi tauhid yang baik, juga tumbuh menjadi anak yang berprestasi. Dalam tausiahnya, Aa Gym menyampaikan, semua orangtua ingin memiliki anak yang sukses dunia akhirat, namun terkadang orangtua sendiri yang lupa memberikan bekal yang kokoh terhadap anak.

“Pertama, jadilah kita orangtua sebagai teladan bagi anak anak kita,” ujar Aa Gym. Kedua, kata Aa Gym, orangtua harus menggunakan hati dalam memberikan nasihat dan pengajaran. Sebab, lanjutnya, mengajarkan atau mendidik seseorang menggunakan hati tentu akan menuai hasil yang maksimal. “Usahakan niat yang baik, bicara dalam hati, gunakan hati agar apa? Agar menuai hasil yang positif,” kata Aa Gym.

Ketiga, keberlanjutan atau konsisten dalam mengawal apa yang sudah diberikan pada sang anak. Pasalnya, memberitahu atau mencontohkan, tanpa mengawal, kata Aa Gym bisa memungkinkan salah kaprah atau tersesat. “Ketiga, konsistensi kita dalam mendidik anak anak, kesesuaian antara perkataan dan perbuatan yang kita lakukan,” tuturnya.

Keempat, orangtua harus menjadikan Allah sebagai satu-satunya sandaran hidup dan yakin bahwa segala sesuatu telah diatur oleh Allah SWT. “Yakinlah, aturan Allah pasti baik bagi kita, pasti adil bagi kita, dengan demikian kesuksesan akan mudah kita raih,” paparnya. (Elga)

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *