Ini Aplikasi Pemenang Kegiatan Gersik SMP DTBS Putri

SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri dan komite sekolah mengadakan acara puncak Gerakan Karya Santri ASYIK (Gersik) pada Sabtu (13/2) via Zoom dan disiarkan MQTV. Kegiatan dibuat untuk mengasah para siswa agar lebih kreatif dan bersahabat dengan teknologi.

Deni Fauzi Rahman, Kepala Sekolah SMP DTBS Putri mengatakan, acara puncak ini merupakan tahap final dari project para siswa SMP.

“Kegiatan pembelajaran berbasis project merupakan inovasi yang kami lakukan di semester genap. Kegiatan ini dimulai dari 11 Januari-13 Februari. Kita membagi para siswa ke dalam beberapa kelompok untuk membuat software yang bermanfaat bagi umat. Akhirnya terpilihlah 20 besar aplikasi yang kemudian dipilih 7 aplikasi bagi khalayak umum yang bisa diinstal melalui Google Playstore,” ujarnya.

Deni juga mengutarakan sangat sulit bagi tim penilai untuk menentukan. Ini karena 20 aplikasi yang dipilih merupakan hasil saringan tim penilai dari 80 aplikasi yang telah dibuat.

“Saya kagum dan bangga kepada siswa. Ada 80 aplikasi yang bisa membantu aktivitas kita. Setiap aplikasi ini terdiri 1 kelompok yang diisi 4 siswa, 1 guru, dan selama hampir sebulan didampingi. Dan pada saat ini terdapat 7 aplikasi terpilih,” katanya.

Kegiatan acara puncak Gersik diisi ceramah ilmiah dari Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar (penemu 4G dan 5G). Kegiatan kemudian ditutup dengan terpilihnya 5 juara favorit dari 7 aplikasi terpilih berdasarkan polling peserta yang hadir.

Berikut ini aplikasinya:

  1. Diaryzennia (jenis: aplikasi diary digital), perolehan suara 32%.
  2. Muslim Acitivity (jenis: aplikasi pengingat ibadah), perolehan suara 22%.
  3. MUMUMATA (jenis: aplikasi quiz matematika), perolehan suara 13%.
  4. Bali Quizdo (jenis: aplikasi ensiklopedia), perolehan suara 11%.
  5. Daily Story (jenis: aplikasi diary digital), perolehan suara 11%.
  6. Selular Islami (jenis: aplikasi pengingat ibadah), perolehan suara 8%.
  7. Asia Timur (jenis: aplikasi ensiklopedia), perolehan suara 4%. (Eko)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *