SMP DTBS Putri Luncurkan Program Gerakan Karya Santri ASIK

SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri bekerja sama dengan Clevio Camp dan komite sekolah melakukan terobosan baru dalam kegiatan belajar dari rumah (BDR). Tidak hanya mempelajari mata pelajaran umum, melainkan kegiatan belajar berbasis project yang diberi nama Program Gerakan Karya Santri ASIK (Gersik).

Program ini berupa pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Ada pun ragam aplikasi yang dibuat oleh siswa SMP DTBS Putri ialah aplikasi money saver, diary digital, quiz game, dan aplikasi pengingat ibadah.

Kegiatan belajar berbasis project ini tidak lagi mengelompokkan siswa dalam satu kelas, melainkan menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat siswa. Dari keempat siswa tersebut memiliki perannya masing-masing, yakni sebagai manager, programmer 1, programmer 2, dan designer.

Program Gersik berlangsung selama dua bulan dua hari. Dimulai dari tanggal 11 Januari – 13 Februari 2021. Dalam waktu yang singkat tersebut, seluruh siswa dapat menyelesaikan project-nya tepat waktu. Seluruh project itu kemudian dinilai oleh juri.

Pada Sabtu (13/2), rangkaian kegiatan Gersik berakhir. Kelompok yang masuk tujuh besar aplikasi terbaik akan mempresentasikan aplikasinya melalui Zoom dan disiarkan juga di YouTube MQTV.

Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T. M.Eng, (Penemu 4G dan 5G) turut hadir memberikan materi dan motivasi kepada seluruh siswa SMP DTBS Putri.

“Kegiatan yang luar biasa keren banget. Selamat untuk seluruh sivitas akademis DT dan komitenya, sangat inspiratif,” ujarnya.

Semoga aplikasi ini menjadi karya yang bermanfaat untuk umat. Menjadi langkah awal bagi karya-karya luar biasa selanjutnya dari para siswa SMP DTBS Putri. (Amir)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *