Kepala SMP DTBS Putri: Siswa Tetap Kreatif meski Pandemi

Pembelajaran online kini dirasakan para siswa di Indonesia. Konsep ini sebenarnya telah dijalankan di berbagai negara. Namun bagi Indonesia, hal tersebut merupakan pertama kalinya dialami karena situasi pandemi.

Supaya tidak jenuh dan tetap berinovasi, SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri dan komite sekolah mengadakan acara Gerakan Karya Santri ASYIK (Gersik). Kegiatan ditutup pada Sabtu (13/2) melalui Zoom dan disiarkan oleh MQTV.

Kepala Sekolah SMP DTBS Putri Deni Fauzi Rahman dalam sambungan telepon mengatakan, ketika kegiatan diadakan bukan hal mudah dan penuh pertimbangan. Hal ini dilakukan agar tidak ada keluhan dari para siswa dan orangtua dalam hal pembelajaran online.

“Pandemi dan proses pembelajaran online harus tetap menumbuhkan inovasi. Karena itu dilakukan rapat bersama komite sekolah pada Agustus 2020 untuk mengadakan suatu program yang membuat siswa lebih kreatif dan tidak jenuh. Kami merasakan perbedaan ketika pembelajaran secara konvensional dan online. Semoga adanya program pembelajaran berbasis project ini membuat siswa terasah kreativitasnya,” ujar Deni.

Meski konsep pembelajaran berbasis project menjadikan siswa bertambah kreatif, namun menurut Deni akan tetap dievaluasi.

“Akan dievaluasi terlebih dahulu. Menjadi indikator apakah konsep ini efektif atau tidak. Namun dari acara puncak pada Sabtu, kita dapatkan gambaran akan membuka ekstrakurikuler pemrograman. Kita bangga para siswa menjadikan kegiatan ini sebagai ajang pembuktian kreativitas meski pandemi,” katanya.

Kegiatan acara puncak Gersik turut dihadiri Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar (penemu 4G dan 5G),  Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kabid P3TK Kota Bandung, Direktorat Pendidikan DT, Kepala Sekolah se-Bandung Raya dan DT. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *