Jamaah Ini Ungkap Peran Area Pertokoan DT bagi Umat

Area pertokoan yang ada di Daarut Tauhiid (DT) selalu menarik perhatian para pengunjung juga jamaah. Mereka tertarik tidak hanya karena ketertiban yang dibudayakan oleh DT, namun juga nuansa islami, yang membuat jamaah atau pengunjung merasa sedang berada di Kota Makkah. Ketika azan berkumandang, dapat dipastikan semua toko yang ada akan tutup, dan itu membuat Kawasan Wakaf Terpadu ini mendapat apresiasi.

Alumni Santri Program Pesantren Mahasiswa (PPM), Fauzi Ilham mengatakan, area pertokoan selau mengingatkan ia akan waktu salat. Pernah suatu waktu, area pertokoan tersebut ia jadikan patokan untuk mengetahui sudah memasuki waktu azan atau belum.

“Yang saya kangen suasana di wilayah pertokoan yang stategis, di mana setiap orang selalu saling sapa, silaturahmi. Wilayah yang produktif itu selalu ngingetin saya dan kawan-kawan untuk terus beribadah. Dulu waktu masih ikutan di sini, pernah kesiangan salat, tapi kita ragu sudah azan atau belum? Toko yang jadi patokan. Pertokoan juga bermanfaat kalau Hari Jumat (untuk Salat Jumat), saya merasa kayak di Makkah,” ujarnya, saat ditemui di Masjid DT, Selasa (24/9).

Selain menghidupkan suasana di Gegerkalong, Ilham mengatakan, lokasi tersebut terkadang menjadi buruan para jamaah di malam hari. Mengapa? Karena lampu-lampu lampion yang ada di atasnya menyala, dan menawarkan keindahan untuk diabadikan (dipotret).

“Rapi, nyaman, nikmat dan indah itu yang bisa digambarin dari tempat ini. Kalau malam kita suka foto-foto di bawah lampion itu, karena memang indah dan bagus. Kalo malam, saya sering liat mahasiswa atau pengunjung yang lain nunggu moment itu,” katanya.

Ilham berharap, area ini dapat menjadi inspirasi bagi tempat lain untuk membangun kemandirian ekonomi, seperti yang sudah berputar di wilayah DT. Area pertokoan ini juga harus berkembang menjadi sebuah model yang membangkitkan ekonomi umat, juga mampu membahagiakan umat.

“Tempat ini harus menjadi contoh bahwa syariat islam itu berpengaruh dalam hal apa pun. Tempat ini buktinya, berhasil memberikan manfaat dengan pendidikan ekonomi, juga membahagiakan dengan pemandangan yang bagus,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *